Artikel Parenting

Tips Mudah Meningkatkan Imunitas Tubuh Si Kecil

10
Tips Mudah Meningkatkan Imunitas Tubuh Si Kecil

Artikel ini berisi tentang:

  1. Pencernaan Sehat, Kunci Imunitas Tubuh Si Kecil
  2. Cara Tingkatkan Kesehatan Sistem Cerna Si Kecil
  3. Tingkatkan Kualitas dan Kuantitas Tidur
  4. Dorong Si Kecil Aktif Bergerak

Sistem kekebalan tubuh merupakan masalah serius yang wajib Moms perhatikan. Di usianya yang masih di bawah 5 tahun, Si Kecil masih sangat rentan dengan serangan virus dan bakteri penyebab penyakit. Alhasil, saat sistem kekebalan tubuhnya menurun, Si Kecil pun akan mudah terserang penyakit.

Pencernaan Sehat, Kunci Imunitas Tubuh Si Kecil

Ada banyak hal yang bisa Moms lakukan untuk meningkatkn sistem kekebalan tubuh Si Kecil, salah satunya dengan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Pasalnya, 80% sistem kekebalan tubuh Si Kecil, tergantung dari sehatnya sistem pencernaan.

Dengan kata, untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Si Kecil, hal pertama yang harus Moms lakukan adalah dengan memperhatikan sistem pencernaannya. (oleh Dr. dr. Saptawati Bardosono, M.Sc., pakar gizi sekaligus staf Departemen Ilmu Gizi FK-UI)

dr. Saptawati menjelaskan jika saluran cerna yang sehat sangat penting dalam memaksimalkan penyerapan zat gizi dan cairan yang masuk lewat aktivitas makan dan minum. Selain itu, saluran cerna yang sehat pun berguna untuk peningkatan sistem imun dan perlindungan terhadap infeksi.

Cara Tingkatkan Kesehatan Sistem Cerna Si Kecil

Untuk meningkatkan kesehatan sistem pencernaan Si Kecil, intinya adalah Moms wajib memberikan asupan nutrisi seimbang, yang terdiri dari serat, karbohidrat, protein dan vitamin. (oleh Sari Sunda Bulan, AMG,. Pakar dan Konsultan Nutrisi dan Tumbuh Kembang Anak)

Untuk sumber karbohidrat, sebaiknya pilih karbohidrat kompleks seperti nasi merah, gandum dan makanan olahannya, biji-bijian dan lainnya. Sementara untuk protein, Moms bisa mendapatkannya dari daging, ati, ikan, telur, susu dan lainnya.

Untuk sumber serat dan vitamin, Moms bisa memberikan Si Kecil wortel, jeruk, stroberi, kacang hijau dan lainnya. Selain tinggi vitamin dan serat, makanan-makanan tersebut pun merupakan sumber fitonutrien yang efektif melindungi tubuh dari penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung dan lainnya.

Lengkapi juga dengan sayuran hijau, cukupi kebutuhan cairan tubuh Si Kecil, dan konsumsi makanan fermentasi yang mengandung bakteri baik, seperti yoghurt, keju, dan lainnya.

Tingkatkan Kualitas dan Kuantitas Tidur

Kurang tidur tidak hanya membuat Si Kecil rewel dan rentan cidera saat bermain karena mengantuk, penelitian membuktikan jika kurang tidur bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh. (oleh Kathi Kemper, M.D., ketua Center for Holistic Pediatric Education and Research di Children's Hospital Boston)

Untuk Si Kecil yang sudah memasuki usia balita, rata-rata membutuhkan tidur selama 12-13 jam. Untuk mendukung kebutuhan tidurnya, Moms bisa melakukan beberapa trik berikut ini:

  1. Buat suasana kamar benar-benar menyenangkan dengan menempatkan beberapa benda favoritnya.
  2. Jauhkan Si Kecil dari gadget atau hal lainnya yang bisa membuat tidurnya terganggu.
  3. Buat jadwal tidur yang rutin, misalnya jam 8 setiap malam.
  4. Sebelum tidur, pastikan perut Si Kecil kenyang.

Selain trik di atas, Moms pun bisa membantu meningkatkan kualitas tidur Si Kecil dengan memandikannya dengan air hangat sebelum tidur, dan konsumsi segelas susu hangat.

Dorong Si Kecil Aktif Bergerak

Aktif bergerak merupakan salah satu cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Si Kecil. Untuk itu, pastikan Moms selalu mendorong Si Kecil untuk aktif bergerak. (oleh Ranjit Chandra, M.D., pakar imun di the Memorial University of Newfoundland)

Caranya banyak Moms, diantaranya :

  1. Berikan Si Kecil mainan yang bisa membuatnya aktif bergerak, seperti bola, sepeda mini, dan lainnya.
  2. Ajak Si Kecil bermain di taman bermain. Selain membuatnya lebih aktif bergerak, cara ini pun baik untuk mengajarkan Si Kecil bersosialisasi.
  3. Jadwalkan untuk melakukan olahraga bersama, misalnya di akhir pekan Moms bisa jogging bersama suami dan Si Kecil, atau mengajaknya bersepeda.
  4. Jika Si Kecil sudah biasa menggunakan gadget, batasi penggunaannya hingga 2 jam per hari. Pasalnya, gadget bisa membuat Si Kecil malas bergerak.

Yang tidak kalah penting, pastikan Si Kecil jauh dari paparan polusi, terutama paparan asap rokok. Menurut penelitian, dalam rokok terdapat sekitar 4000 toksin yang tidak hanya merusak, tapi juga bisa membunuh sel dalam tubuh Si Kecil, termasuk mengacaukan sistem imun.

artikel terkait