Artikel Parenting

Syarat Tempat Makan Plastik Yang Sehat Bagi Si Kecil!

0
Syarat Tempat Makan Plastik Yang Sehat Bagi Si Kecil!

Artikel ini berisi tentang:

  1. Kenali Dulu Kode Plastiknya
  2. Pastikan Memiliki Label BPA-Free
  3. Pastikan Punya Label Food Grade
  4. Pilih Desain Yang Menarik

Si Kecil yang sedang belajar makan tidak boleh diberikan perlengkapan makan yang terbuat dari logam dan kaca. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko cidera karena pecah atau sebab lainnya. Tapi memilih perlengkapan plastik makan pun harus dilakukan dengan sangat hati-hati Moms!

Agar tidak menimbulkan dampak buruk bagi kesehatannya, berikut merupakan syarat tempat makan plastik yang aman bagi Si Kecil.

Kenali Dulu Kode Plastiknya

Saat membeli tempat makan plastik, pastikan Moms melihat dulu kode yang tertera dalam bagian belakang atau kemasan wadah plastik tersebut. Biasanya, kode ini muncul berupa logo segitiga dan angka di dalamnya, yang menunjukan kode plastik yang digunakan.

Agar tidak salah mengenali, berikut merupakan kode plastik (angka 1-7) yang digunakan sebagai bahan dasar peralatan makan anak.

  1. Angka 1 (PETE/ Polyethylene Terephthalate), biasanya digunakan untuk kemasan sekali pakai, seperti botol air mineral, dan tidak boleh terkena panas karena karsinogenik (pemicu kanker).
  2. Angka 2 (HDPE/ High Density Polyethylene), biasanya digunakan untuk botol susu kemasan, galon air dan botol minyak goreng. Bahan ini cenderung aman digunakan, tapi hanya untuk sekali pakai.
  3. Angka 3 (PVC/ Polyvinyl Chloride), biasanya digunakan untuk plastik pembungkus makanan. Bahan ini tidak aman karena mengandung DEHA, dan bisa menyebabkan kanker.
  4. Angka 4 (LDPE/ Low Density Polyethylene), bisanya digunakan untuk botol dan plastik kemasan. Bahan ini bersifat kuat, sulit ditembus cahaya dan fleksibel. Kurang aman untuk Si Kecil.
  5. Angka 5 (PP/ Polypropylene), merupakan wadah yang cukup aman dan biasa digunakan untuk menyimpan makanan. Polypropylene bersifat transparan, ringan, kuat, dan tahan terhadap lemak.
  6. Angka 6 (PS/ Polystyrene), biasanya terdapat pada styrofoam, dan tempat minum sekali pakai. Wadah ini tidak aman karena melepaskan senyawa styrene yang berisiko menyebabkan masalah kesehatan reproduksi, sistem saraf, otak dan meningkatkan risiko gagal pertumbuhan (stunting).
  7. Angka 7 (PC/ polycarbonate), biasa digunakan untuk botol susu bayi, minuman kemasan, kaleng susu formula dan lainnya. Bahan ini sebaiknya dihindari karena cukup berbahaya untuk Si Kecil.

Kesimpulannya, jika ingin menggunakan wadah plastik sebagai tempat makan Si Kecil, usahakan untuk menggunakan tempat makan dengan kode angka 5 dalam segitiga.

Pastikan Memiliki Label BPA-Free

Selain melihat kode plastik yang digunakan sebagai bahan pembuatannya, pastikan Moms pun memilih wadah makanan dengan label BPA-Free, atau bebas dari kandungan BPA atau Bisphenol A. BPA sendiri merupakan bahan kimia yang banyak ditemukan dalam plastik kemasan makanan dan minuman.

Berbagai penelitian dilakukan untuk mengetahui bahaya BPA bagi kesehatan, salah satunya penelitian yang dilakukan University of Adelaide Australia, yang menyebut jika BPA berkaitan erat dengan berbagai efek bahaya bagi kesehatan, seperti masalah otak, kelainan reproduksi, fungsi sistem saraf dan kanker.

Meskipun tidak ada nol-persen dalam hal penggunaan plastik sebagai wadah makanan, penggunaan wadah dengan label BPA-Free merupakan salah satu langkah bijak untuk mengurangi risiko kesehatan terkait BPA. (oleh Dr. Ian Musgrave, pakar toksikologi dari University of Adelaide Australia)

Pastikan Punya Label Food Grade

Moms pernah melihat logo gelas dan garpu yang saling berdampingan? Biasanya logo ini ditempatkan disamping logo angka dalam segitiga (keterangan label makanan), dan logo BPA-Free yang berupa logo lingkaran terputus dengan ujung daun atau tulisan BPA-Free.

Nah khusus untuk logo gelas dan garpu, ini merupakan logo food grade. Wadah dengan label ini dipastikan aman digunakan berkali-kali sebagai tempat menyimpan makanan atau minuman, atau bisa juga digunakan seagai tempat makan Si Kecil.

Jika tidak ada logo Food Grade, Moms jangan khawatir. Cukup lihat apakah tempat makan tersebut memiliki logo SNI atau tidak. Jika ada, kemungkinan besar wadah makanan tersebut aman digunakan sebagai alat makan dan minumm Si Kecil.

Pilih Desain Yang Menarik

Selain faktor keamanan demi menjaga kesehatan Si Kecil, Moms pun wajib memperhatikan desain tempat makan Si Kecil. Desain tempat makan ini harus menarik dan warnanya cerah. Hal ini dilakukan agar Si Kecil semangat saat waktu makan tiba.

Perhatikan juga kapasitas tempat makannya. Jangan sampai terlalu besar, atau terlalu kecil. Usahakan sesuai dengan kebutuhan. Dengan cara ini, Si Kecil tidak hanya akan lebih semangat saat makan, tapi juga aman karena menggunakan bahan-bahan pilihan. Selamat mencoba!

artikel terkait