Artikel Parenting

Si Kecil Sering Terkena Flu? Mungkin Daya Tahan Tubuhnya Lemah

0
Si Kecil Sering Terkena Flu? Mungkin Daya Tahan Tubuhnya Lemah

Artikel ini berisi tentang:

  1. Apa Penyebab Flu?
  2. Daya Tahan Tubuh Lemah, Flu Mudah Menyerang
  3. Bagaimana Cara Mengatasi Flu?
  4. Mom Bisa Mencoba Inhalasi!

Meskipun tergolong penyakit ringan, flu bisa sangat mengkhawatirkan saat menyerang Si Kecil. Selain membuatnya jadi sangat rewel, Si Kecil pun sulit tidur nyenyak karena hidung yang mampet, dan malas bergerak karena tubuh yang lemas.

Apa Penyebab Flu?

Umumnya, penyakit ini disebabkan karena infeksi virus, paparan alergi dan kondisi cuaca yang tidak menentu. Kondisi ini makin parah karena sistem kekebalan tubuh Si Kecil masih belum terbentuk sempurna. ( oleh Dr. Darmawan Budi Setyanto, Sp.A., dokter anak dari Pusat Asma Anak, RSCM-FKUI)

Dalam satu tahun, Si Kecil bisa menderita flu hingga 2-3 kali, atau bahkan lebih. Meskipun normal dan tergolong ringan, Mom tetap harus mewaspadai flu karena bisa memicu timbulnya masalah kesehatan yang lebih parah, seperti demam, batuk, dehidrasi hingga kekurangan nutrisi.

Daya Tahan Tubuh Lemah, Flu Mudah Menyerang

Seperti disebutkan di atas, sistem kekebalan tubuh Si Kecil masih belum terbentuk sempurna. Kondisi inilah yang membuat mereka lebih rentan terserang flu. ( oleh dr. Frieda Handayani, SpA., dokter spesialis anak dari RSIA Evasari)

Lebih lanjut lagi, Frieda memaparkan beberapa penyebab kenapa daya tahan tubuh Si Kecil sangat lemah, hingga akhirnya mudah terserang flu.

  1. Kekurangan nutrisi, terutama makanan dengan kandungan vitamin C, dan makanan lainnya yang bersifat anti-oksidan.
  2. Aktivitas fisik Si Kecil sangat terbatas karena banyak hal, bahkan sangat jarang bergerak.
  3. Terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan gula tinggi, termasuk makanan berbahan jenis tepung, atau makanan dengan gula buatan.
  4. Terlalu banyak menggunakan antibiotik. Hal ini disebabkan karena antibiotik membuat sistem kekebalan tubuh alami Si Kecil tidak terlatih untuk melawan virus.
  5. Minimnya kontak langsung dengan bakteri dan virus karena berada di lingkungan yang terlalu bersih, justru akan membuat sistem kekebalan tubuh kurang terlatih.

Dengan kata lain, sistem kekebalan tubuh yang lemah akan membuat virus dan bakteri mudah menyerang. Tidak hanya flu, lemahnya sistem kekebalan tubuh ini pun akan meningkatkan risiko Si Kecil terserang penyakit lainnya, terutama yang berasal dari virus dan bakteri.

Bagaimana Cara Mengatasi Flu?

Seperti disebutkan di atas, flu termasuk penyakit ringan dan mudah dikendalikan. Bahkan dalam kondisi normal, flu tidak membutuhkan obat-obatan khusus. Dalam waktu 2-3 hari, flu bisa sembuh sendiri seiring dengan perlawanan dari sistem kekebalan tubuh kita.

Nah selama flu menyerang, Mom harus mendorong sistem kekebalan tubuh Si Kecil bekerja dengan maksimal dengan cara :

  1. Memastikan Si Kecil istirahat yang cukup, terutama di malam hari.
  2. Konsumsi makanan bernutrisi, terutama makanan dengan vitamin C dan bersifat anti-oksidan, seperti buah-buahan, sayuran hijau, dan lainnya.
  3. Berikan Si Kecil sup hangat yang berasal dari kaldu murni. Caranya, Mom bisa merebus ayam atau daging hingga lunak, kemudian tambahkan dengan beberapa sayuran dan berikan kepada Si Kecil.

Perlu diingat, meningkatkan sistem kekebalan tubuh Si Kecil merupakan upaya pengobatan terbaik untuk mengatasi flu. Jika flu Si Kecil sudah berjalan lebih dari 3 hari dan kondisinya masih belum membaik, segera hubungi dokter. (Oleh dr. Yadita Wira Pasra Sp. THTKL, dokter dari klikdokter).

Mom Bisa Mencoba Inhalasi!

Untuk melegakan pernapasan, Mom bisa mencoba metode inhalasi atau penguapan dengan bahan-bahan alami, seperti kayu putih dan garam. Selain digunakan untuk membunuh virus dan bakteri, metode ini pun ampuh melegakan pernafasan dan membuat Si Kecil tidur lebih nyenyak.

Cara melakukannya sangat mudah:

  1. Sediakan air panas dalam baskom atau tempat penampungan lainnya.
  2. Bawa ke dalam kamar tempat Si Kecil tidur. Pastikan semua jendela dan pintu sudah ditutup rapat, dan matikan AC kamar jika Mom menggunakannya.
  3. Bawa baskom yang berisi air panas ke dalam kamar, lalu taburkan garam dalam baskom tersebut, dan aduk rata dengan menggunakan centong nasi agar cepat larut.
  4. Tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih, dan biarkan supaya uap air larutan garam dan kayu putih menyebar ke seluruh penjuru kamar.

Jangan khawatir, metode ini aman bagi Si Kecil. Tidak hanya untuk balita, bayi pun bisa menggunakan cara ini agar mereka tidur lebih nyenyak tanpa gangguan hidung mampet. Selamat mencoba!

artikel terkait