Artikel Parenting

Persiapan Anak Sebelum Masuk Pra Sekolah

54
Persiapan Anak Sebelum Masuk Pra Sekolah

Orang tua yang telah memiliki anak lebih dari satu, maka persiapan untuk anaknya yang lebih kecil untuk masuk pendidikan pra sekolah mungkin tidaklah terlalu menyulitkan. Kondisi ini berbeda ketika Moms memiliki anak pertama yang tahun ini harus memasuki pra sekolahnya. Tentunya persiapan masuk pra sekolah ini dirasa sangat berat, hal tersebut sangat wajar karena ini merupakan pengalaman pertama Moms.

Berikut beberapa persiapan ketika anak Moms yang akan memasuki pendidikan pra sekolah.

Persiapan Awal

  • Menjelaskan Pra Sekolah Kepada Anak

Banyak anak yang tidak tahu apa itu sekolah dan bahkan beberapa anak akan merasa takut untuk masuk ke sekolah. Moms perlu menjelaskan apa itu pendidikan pra sekolah supaya anak Moms akan lebih bersemangat untuk memulai menempuh pendidikan di pra sekolah ini.

  • Memilih Pra Sekolah Bersama

Ajaklah anak Moms untuk memilih pra sekolah bersama-sama. Jangan ragu untuk membiarkannya berjalan-jalan dan bahkan bermain di sana, hal tersebut untuk memberikan mereka keyakinan bahwa sekolah merupakan tempat yang menyenangkan.

  • Dengarkan Kekhawatiran Anak

Kebanyakan anak akan merasa takut jika harus jauh dari Moms, terlebih jika selama ini mereka terbiasa selalu bersama Moms. Biarkan dia mengungkapkan alasannya kenapa tidak mau bersekolah, dan dengarkan setiap keluhannya.

  • Jelaskan Dengan Bijak

Dengarkan keluhan anak dan jelaskan dengan bijak dan biarkan mereka tahu sekolah merupakan tempat yang menyenangkan. Cobalah untuk berkata jujur dengan menceritakan bagaimana sekolah tersebut.

  • Berbelanja Perlengkapan Bersama

Ajak anak berbelanja keperluan sekolah supaya dia merasakan kesenangan dalam memilih perlengkapan sekolah. Hal ini harus dilakukan supaya dia lebih antusias lagi untuk menghadapi hari pertamanya masuk sekolah.

Persiapan Pada Hari Pertama Masuk Pra Sekolah

  • Moms harus bangun lebih awal dan cek kembali keperluan anak yang sudah Moms persiapkan tadi malam, dan jangan lupa siapkan juga sarapan anak Moms dengan menu spesial.
  • Siapkan juga tas sekolah berikut isinya lengkap dengan bekal sekolahnya bersama sang anak, dengan mempersiapkan bekal bersama-sama, maka anak akan lebih semangat untuk menjalani hari pertama masuk sekolah.
  • Temani anak sejenak saat anak mulai berbaris masuk kedalam kelas, berikan dia semangat dan berikan pelukan hangat kepadanya sebelum dia masuk kelas.

Jangan segera kembali ke dalam kelas ketika Moms mendengar anak memanggil-manggil nama Moms. Biarkan dulu guru pra sekolah tersebut menangani anak Moms dan memberikan waktu bagi guru dan anak untuk saling mengenal satu sama lain.

artikel terkait