Artikel Parenting

Pendengaran Si Kecil Lebih Baik dari Orang Dewasa?

5
Pendengaran Si Kecil Lebih Baik dari Orang Dewasa?

Banyak sekali mitos yang beredar di lingkungan kita mengenai anak-anak, dari mulai anak-anak bisa melihat, dan bahkan berinteraksi dengan makhluk halus, hingga masalah kekuatan pendengaran. Nah, mengenai hal ini, benarkah pendengaran si kecil jauh lebih baik ketimbang pendengaran orang dewasa?

Sebagaimana organ tubuh lainnya, telinga bayi pun masih dalam proses pertumbuhan dan masih belum menyesuaikan secara maksimal. Dalam proses ini, telinga si kecil masih akan terus berkembang menuju kesempurnaan seiring dengan bertambah usia.

Tentu saja, telinga bayi yang masih belum sempurna ini, akan lebih sensitif terhadap berbagai rangsangan yang datang kepadanya, termasuk rangsangan melalui suara. Dengan kata lain, mitos yang menyatakan pendengaran si kecil lebih peka ketimbang orang dewasa, ada benarnya juga.

Walaupun begitu, rasanya kurang tepat jika kita menyebut pendengaran si kecil lebih baik ketimbang pendengaran orang dewasa. Karena faktanya, telinga mereka masih sangat sensitif terhadap berbagai rangsangan, termasuk rangsangan suara. Untuk itu, lebih berhati-hatilah dalam hal ini!

Selain fakta di atas, ada beberapa hal lainnya yang harus anda perhatikan mengenai pendengaran dan telinga si kecil, yakni :

  • Telinga si kecil paling peka terhadap udara dingin, baik udara dingin dari AC ataupun angin dari luar. Untuk itu, sebaiknya selalu gunakan penutup kepala hingga telinga ketika si kecil berada di ruangan yang dingin.
  • Telinga si kecil masih rentan terhadap infeksi saluran pernafasan, hal ini karena saluran eustachius yang menghubungkan antara rongga telinga dengan hidung, masih sangat pendek. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa si kecil sangat rentan dengan masalah infeksi saluran pernafasan.
  • Telinga si kecil masih butuh rangsangan yang aman untuk mendukung pertumbuhannya. Untuk merangsang kemampuan ini, anda bisa memberikan beberapa mainan yang bisa mengeluarkan suara, atau merangsangnya dengan suara musik yang lembut.

Dengan beberapa hal di atas, semoga kita bisa menjadi orang tua yang bijak, yang mampu menjaga si kecil dari berbagai hal yang bisa membahayakannya, terutama hal-hal yang berhubungan dengan masalah panca indera. Semoga berhasil Moms!

artikel terkait