Artikel Parenting

Moms, Ini Penyakit Langganan Anak yang Wajib Diwaspadai

44
Moms, Ini Penyakit Langganan Anak yang Wajib Diwaspadai

Moms, di usianya yang baru menginjak 1-3 tahun, anak-anak masih belum bisa dikelompokkan dalam kondisi aman. Pada usia ini, mereka tergolong masih rapuh, dan sangat mudah terserang penyakit, terlebih di musim pancaroba seperti ini. Apa saja sih penyakit yang kerap dialami anak yang berusia 1-3 tahun, dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut pemaparannya.

Pilek

Jika di hitung, dalam satu tahun setidaknya si kecil akan terserang 1-2 kali penyakit ini dalam satu tahun. Biasanya, pilek pada si kecil bisa ditandai dengan batuk kering dan sedikit demam. Selanjutnya, dari hidung si kecil akan keluar ingus jernih yang lama-kelamaan akan mengental dan berwarna hijau.

Sebenarnya, penyakit ini tidak perlu terlalu ditanggapi serius. Perbanyak istirahat, dan konsumsi makanan bergizi, terutama sup dengan kuah yang kental, akan membuat tubuh si kecil lebih ringan dan efektif untuk mengatasi masalah ini. tapi kalau terlihat sudah parah, Moms bisa membawanya ke dokter.

Influenza

Flu dan pilek beda ya Moms. Sama seperti pilek, influenza pun merupakan penyakit langgan anak yang sering menyerang setiap tahunnya. Biasanya, jika si kecil terkena flu, dia akan mengalami demam tinggi, nyeri otot, sakit kepala, serta batuk dan pilek. Dengan kata lain, flu jauh lebih parah ketimbang pilek.

Untuk penanganannya sendiri, cobalah bersihkan lingkungan sekitar, perbanyak istirahat, konsumsi makanan bergizi seperti buah-buahan, sayuran dan jika di perlukan konsumsi produk vitamin C. Selain itu, sup dengan kuah kental bisa dijadikan alternatif untuk mengatasi penyakit ini.

Batuk

Pada dasarnya, batuk merupakan sebuah refleks tubuh untuk mengeluarkan sesuatu (lendir) yang tersangkut di area saluran napas. Batuk yang terjadi kepada anak usia 1-3 tahun biasanya terjadi akibat infeksi saluran napas (batuk ringan seperti batuk flu atau radang tenggorokkan) dan alergi seperti pada penderita asma.

Kalau gejala batuk yang terlihat masih tergolong batuk ringan, misalnya batuk Flu, Moms hanya perlu menanganinya seperti ketika si kecil Flu atau pilek. Tapi kalau batu ini karena alergi, seperti Asma, TBC dan lainnya, mungkin penangan dokter diwajibkan di sini.

Itulah Moms 3 penyakit langgan anak dan bagaimana cara mengatasinya. Selain daftar di atas, kalau anda masih punya daftar penyakit lainnya, boleh dong di sharing di sini, berikut dengan cara mengatasinya.

artikel terkait