Artikel Parenting

Moms, Apakah Si Kecil Rutin Makan Buah Tiap Hari?

31
Moms, Apakah Si Kecil Rutin Makan Buah Tiap Hari?

Artikel ini berisi tentang :

  1. Kenapa Si Kecil Harus Konsumsi Buah-buahan?
  2. Berapa Kebutuhan Buah-buahan bagi Si Kecil?
  3. Tips Agar Si Kecil Mau Makan Buah-buahan
  4. Moms dan Dads Juga Harus Membiasakan Makan Buah

Selain sayuran, Si Kecil pun kerap enggan untuk makan buah-buahan. Alasannya beragam, dari mulai tidak suka hingga karena kita sebagai orang tua lupa membeli buah-buahan. Padahal buah-buahan itu penting lho untuk menunjang tumbuh kembang dan kesehatan Si Kecil.

Kenapa Si Kecil Harus Konsumsi Buah-buahan?

Berdasarkan pilar Pedoman Gizi Seimbang 2014 yang diterbitkan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, banyak makan sayuran dan cukup buah-buahan merupakan salah satu hal yang sangat dianjurkan untuk anak-anak dan dewasa, bahkan kebiasaan ini harus dilakukan setiap hari.

Alasannya, buah-buahan merupakan sumber vitamin yang cukup melimpah, terutama kandungan vitamin C yang membantu sistem kekebalan tubuh Si Kecil tetap maksimal. Selain itu, buah-buahan pun kaya akan mineral dan serat yang penting untuk menangkal senyawa jahat dalam tubuh.

Di sisi lain, banyak kajian yang sudah membuktikan jika makan buah-buahan secara rutin dapat menjaga agar tekanan darah tetap normal, kadar gula stabil dan mampu mengatasi sembelit. Intinya, banyak manfaat yang bisa didapat Si Kecil saat dia rutin konsumsi buah-buahan.

Alasan lainnya kenapa Si Kecil wajib mengonsumsi buah-buahan adalah :

  1. Buah-buahan mengandung vitamin murni yang dibutuhkan anak-anak
  2. Buah-buahan bisa jadi camilan sehat, sehingga Si Kecil tidak akan bosa saat menyantapnya.
  3. Buah-buahan efektif untuk melancarkan buang air besar, dan efektif menjaga sistem pencernaan tetap baik.

Alasan lainnya, buah-buahan bisa membuat Si Kecil terhindar dari diare, penyakit penyebab kematian bayi dan balita tertinggi kedua di Indonesia, menyebabkan pertumbuhan Si Kecil terhambat.

Selain itu, anak yang rutin mengonsumsi buah-buahan pun cenderung memuliki tingkat kognitif yang lebih baik ketimbang mereka yang jarang atau tidak suka mengonsumsi buah-buahan. (Piush Mandhane, Profesor pediatri University of Alberta, Kanada)

Berapa Kebutuhan Buah-buahan bagi Si Kecil?

Berdasarkan anjuran dari World Health Organization (WHO), kita dianjurkan untuk mengonsumsi setidaknya 150 gram buah-buahan per hari. Jumlah ini setara dengan 3 buah pisang berukuran sedang, 1,5 potong pepaya atau 3 buah jeruk dan buah apel.

Sementara menurut National Health and Medical Research Council, Si Kecil yang berusia 2-3 tahun cukup mengkonsumsi 1 buah per harinya, usia 4-8 tahun setidaknya mengonsumsi 1 ½ buah per hari, dan untuk yang berusia 9-18 tahun, membutuhkan setidaknya 2 buah per harinya.

Mengenai kapan dikonsumsinya, sebaiknya buah-buahan dikonsumsi sebelum makan, terutama bagi Si Kecil yang mengalami obesitas. Tapi jika berat badan Si Kecil cenderung kurang (kurus), buah bisa dikonsumsi setelah makanan utama.

Tips Agar Si Kecil Mau Makan Buah-buahan

Mungkin bosan jika terus menerus dijejali jenis buah yang sama setiap hari. Nah, untuk mengatasi masalah ini, Moms bisa menelurkan ide kreatif dengan mengolah buah-buahan tersebut menjadi makanan olahan yang lezat dan menarik untuk dikonsumsi.

Misalnya, buah-buahan bisa diolah menjadi jus atau smothies, bisa juga diolah menjadi bahan Pie. Cara lainnya yang mungkin sulit untuk ditolah Si Kecil adalah, dengan mengolahnya menjadi es krim atau es buah. Tapi ingat, batasi kandungan gula tambahannya ya, Moms!

Moms dan Dads Juga Harus Membiasakan Makan Buah

Tips yang ada di atas tidak akan berjalan dengan baik jika Moms dan Dads sendiri tidak membiasakan makan buah saat di rumah. Ingat Moms, Si Kecil selalu mencontoh mereka yang lebih tua dan di rumah sosok tersebut adalah Moms dan Dads.

Jika Si Kecil Melihat Moms dan Dads terbiasa mengonsumsi buah di rumah, untuk membuatnya mau makan buah akan lebih mudah karena Si Kecil sudah melihat contoh nyata orangtuanya pun suka dengan buah-buahan.

Selamat mencoba, Moms!

artikel terkait