Artikel Parenting

Latih Si Kecil Berpakaian Sendiri dengan Cara Ini Moms!

0
Latih Si Kecil Berpakaian Sendiri dengan Cara Ini Moms!

Artikel ini berisi tentang:

  1. Mengajarkan Si Kecil Membuka dan Menutup Ritsleting
  2. Membuka dan Memakai Pakaian dengan Kancing
  3. Ajarkan Memakai Kaos
  4. Ajarkan Cara Memakai Celana

Memakai baju sendiri merupakan salah satu kemampuan/skill dasar yang harus dimiliki anak usia pra sekolah. Untuk mwujudkan itu, tentu Moms harus melatihnya sejak dini. Caranya ternyata mudah kok, bisa dilakukan dari hal yang sederhana.

Mengajarkan Si Kecil Membuka dan Menutup Ritsleting

Mengajarkan Si Kecil berpakaian sendiri bisa dilakukan dari hal yang paling sederhana, yakni dengan meminta dia untuk membuka dan menutup ritsleting pakaiannya sendiri.  Latihan dasar ini bisa Moms mulai ajarkan sejak Si Kecil berusia 2 tahun.

Tumbuh kembang Si Kecil di usia 2-5 tahun sifatnya unik. Mereka umumnya punya kecepatan sendiri dalam banyak hal, terutama dalam kordinasi anggota tubuhnya. (Oleh Catherine Malley, Pakar Tumbuh Kembang Anak dari Cooperative Extension Office, University of Connecticut, Amerika)

Dengan mengajarkan Si Kecil membuka dan menutup ritsletin pakaiannya sendiri, hal ini bermanfaat untuk membantunya mengembangkan kemampuan kordinasi antara tangan, dan otaknya.

Nah Moms, agar lebih menyenangkan, imajinasikan jika bandul ritsleting tersebut adalah mobil yang harus dikendarai dengan sangat hati-hati. Jangan sampai melewati batas atas karena bisa membuat bandul risleting terlepas dari rel-nya.

Membuka dan Memakai Pakaian dengan Kancing

Dilasir dalam Life as Mama, membuka dan memakai pakaian sendiri mungkin sederhana bagi orang dewasa. Tapi bagi Si Kecil, pekerjaan ini bisa terasa sangat rumit dan membutuhkan konsentrasi yang tinggi, terutama saat mengenakan pakaian dengan kancing.

Moms bisa memanfaatkan ini sebagai latihan untuk melatih fokus dan konsentrasi Si Kecil, sekaligus melatih kordinasi antara motorik kasar lewat gerakan tangan, dan motorik halusnya.

Caranya, minta Si Kecil untuk memasukkan tangan kanan dulu, kemudian tarik bagian tangan kiri dan masukkan ke tangan kiri. Untuk awal-awal mungkin Si Kecil masih butuh bantuan Moms, tapi tidak apa-apa. Bantu dulu hingga Si Kecil mampu memasukkan kedua lengannya dengan benar.

Memasukkan kancing ke lubang kancing bisa jadi pekerjaan yang rumit, jadi ajarkan dengan perlahan. Caranya, minta Si Kecil untuk mengatur tinggi pakaian agar sejajar, kemudian masukkan kancing paling atas ke lubang kancingnya.

Setelah itu, lakukan secara berurutan pada kancing nomor dua, nomor tiga dan seterusnya. Minta Si Kecil hati-hati agar tidak memasukkan ke lubang kancing yang salah.

Ajarkan Memakai Kaos

Sama seperti mengenakan pakaian berkancing, mengenakan kaos pun merupakan hal yang sulit dilakukan bagi anak di bawah 5 tahun. Selain dituntut untuk lebih fokus saat menentukan mana bagian depan dan mana bagian belakang pakaian, mereka pun harus memiliki tangan yang lentur.

Caranya, minta Si Kecil untuk memastikan mana bagian depan dan mana bagian belakang pakaian, setelah itu minta dia untuk memasukkan lubang leher pakaian pada kepala. Tarik terus hingga pakaian seluruhnya berada di leher Si Kecil.

Langkah kedua, Moms bisa meminta Si Kecil untuk memasukkan tangan kanannya ke lubang tangan pakaian. Lakukan secara hati-hati, jangan sampai membuat tangan Si Kecil terkilir. Setelah berhasil, lakukan untuk lubang tangan kiri, dan tarik pakaian ke arah bawah untuk merapikannya.

Untuk awal-awal mungkin Si Kecil masih butuh bantuan Moms. Tapi setelah beberapa kali, sebaiknya biarkan Si Kecil melakukannya sendiri.

Ajarkan Cara Memakai Celana

Jika Si Kecil sudah bisa memakai dan melepas pakaiannya sendiri, sebenarnya mengajarkannya memakai celana sendiri bukanlah hal yang rumit. Apalagi saat memakai celana pendek.

Yang kerap jadi masalah adalah, saat Si Kecil diminta memakai celana panjang sendiri. Terkadang saat memasukkan celana ke kakinya, dia dituntut untuk berdiri dengan sebelah kaki. Kondisi inilah yang membuat tubuhnya akan sedikit bergoyang hingga akhirnya terjatuh.

Untuk permulaan, Moms bisa meminta Si Kecil mengenakan celana sambil duduk hingga bagian pangkal celana berada di bagian paha. Pastikan semua bagian celana sudah masuk seluruhnya ke dalam kaki, setelah itu baru minta dia untuk berdiri dan merapikan celananya.

Perlu diingat, belajar mengenakan pakaian sendiri ini harus dilakukan setiap hari. Berikan Si Kecil berbagai jenis pakaian berbeda, dari mulai pakaian berkancing, jaket dengan ritsletin, kaos hingga pakaian berkancing, agar dia mampu memakai berbagai jenis pakaian dengan baik. Selamat mencoba!

artikel terkait