Artikel Parenting

Ketika Anak Mengamuk di Tempat Umum

92
Ketika Anak Mengamuk di Tempat Umum

Banyak alasan kenapa anak bisa sampai mengamuk, dan pada kebanyakan kasus anak mengamuk karena memang dia tidak diberikan apa yang dia inginkan. Kondisi ini memang sangat membingungkan dan terkadang akan membuat orang tua merasa dilema, sampai akhirnya banyak orang tua yang menyerah dan akhirnya akan melakukan aksi kekerasan dengan membentak dan bahkan memukul anak untuk menghentikan amukannya.

Mungkin untuk beberapa Ibu yang cerdas, ketika balita mereka mengamuk di dalam rumah, mereka akan langsung memindahkan anak tersebut ke ruangan lainnya, menjauhi anak tersebut atau bahkan beberapa orang tua lainnya akan mengabaikan semua amukan tersebut. Akan tetapi kondisi ini akan sangat berbeda jika amukan tersebut terjadi di tempat umum ditengah tatapan orang lain yang mungkin akan menyaksikan ini sebagai drama antara Ibu dan anak.

Untuk mengatasi masalah amukan anak tersebut, maka Moms bisa melakukan beberapa cara berikut sebagai upaya pencegahan amukan anak ditempat umum.

Persiapkan Skenario

Untuk melakukan trik ini, Moms harus mempersiapkan beberapa skenario kemungkinan yang akan terjadi. Jika anak Moms tersebut bisa nyaman dan teralihkan perhatiannya dengan mainan kesayangannya, maka Moms sepertinya harus membawa serta mainan tersebut ketika anak akan diajak ke tempat umum seperti mal dan lainnya. Selain itu juga, banyak hal yang bisa mengalihkan perhatian anak. dalam hal ini pengamatan Moms sebagai orang tuanya mutlak diperlukan.

Tetapkan Aturan

Ketika Moms akan pergi keluar rumah, biasanya anak Moms tersebut akan merengek untuk ikut serta, terlebih lagi ketika Moms akan pergi berbelanja. Moms bisa menegaskan kepadanya, dia bisa ikut dengan syarat tidak meminta hal-hal yang macam-macam, dalam hal ini Moms bisa juga membuat sedikit permainan. Misalnya saja, jika dia mengamuk maka dia tidak akan mendapatkan apa yang diinginkannya, akan tetapi jika dia patuh maka Moms bisa memberikannya hadiah yang dia sukai.

Tetap Tegas dengan Aturan

Ketika Moms telah melakukan semua langkah diatas dan rencana pun sudah benar-benar matang, akan tetapi anak Moms tersebut tetap mengamuk ditempat umum karena keinginannya tidak dipenuhi. Inilah waktunya Moms memberi ketegasan dari aturan yang telah Moms buat tersebut. Memang hal ini akan membuat anak Moms tersebut semakin mengamuk dan akan mengundang orang lain untuk menonton kejadian ini, akan tetapi peraturan yang tadi harus Moms jalankan. Hal ini sangat penting dilakukan supaya untuk kedepannya semua peraturan yang telah Moms sepakati dengan anak Moms tersebut harus dituruti. Dengan begitu, amukan ini tidak akan menjadi senjata mereka lagi ketika menginginkan sesuatu.

artikel terkait