Artikel Parenting

Jadilah Teman yang Baik untuk Si Kecil

12
Jadilah Teman yang Baik untuk Si Kecil

Dads, sebagai orang tua, anda tidak hanya berperan sebagai orang yang memberikan pendidikan, nafkah dan kecukupan materi saja, lebih dari itu, anda pun harus bisa berperan sebagai sahabat baik untuk si kecil. Tujuannya, tentu saja untuk membuat hubungan anda dan si kecil semakin hangat.

Selain itu, banyak sekali manfaat yang diberikan dari hubungan fleksibel seperti ini, salah satunya adalah, anda akan mampu menyelami kehidupan mereka, dan mampu menjadi pendamping sekaligus memberikan pendidikan yang baik, tanpa terkesan menggurui.

Berikut merupakan cara mudah untuk menjadi orang tua, sekaligus sahabat bagi si kecil, seperti dilansir dalam situs parenting.

Pelajari dunia si kecil

Masa kecil anda tidak bisa disamakan dengan anak-anak sekarang. Tidak bisa dipungkiri, anak-anak sekarang lebih banyak di asuh oleh gadget dan berbagai kemudahan teknologi. Untuk itu, sebagai orang tua sekaligus sahabatnya, saatnya sekarang anda mempelajari kembali dunia si kecil, lengkap dengan pernak-pernik di dalamnya.

Ajak ngobrol

Banyak anak yang takut berkomunikasi dengan orang tuanya dengan alasan segan, atau bahkan takut. Untuk itu, jangan menunggu si kecil bicara lebih dulu, sebaliknya, andalah yang seharusnya membuka pembicaraan dengan si kecil agar mereka bisa lebih terbuka dan mau menceritakan segala hal tentang dirinya, seperti dia berbicara rahasia dengan sahabatnya.

Ungkap rahasia masa lalu

Untuk membuat si kecil percaya kepada anda, terlebih dahulu andalah yang harus memberikan kepercayaan kepada mereka. Di sela waktu luang, ajak mereka bicara tentang bagaimana masa muda anda. Kalau memang diperlukan, buka semua rahasia anda si masa lalu. Dengan cara ini si kecil pun akan tertantang untuk mengungkap berbagai hal yang dia sembunyikan dari anda.

Jangan menghakimi

Banyak anak yang lebih memilih untuk berkeluh kesah dengan sahabatnya karena dia menganggap berkeluh kesah dengan orang tua merupakan tindakan bodoh. Bahkan lebih dari itu, banyak anak yang malas berbicara dengan orang tua mereka karena takut disalahkan. Hal ini berbeda dengan sahabatnya, di mana mereka akan cenderung membela dan selalu mendukung apapun yang dilakukannya.

Dads, menjadi sahabat bagi anak-anak merupakan prestasi tersendiri bagi orang tua. Tidak hanya suasana keluarga menjadi lebih hangat, menjadi sahabat si kecil pun akan membuat dia mereka diperhatikan, sekaligus perkembangan mereka pun lebih terkontrol. So, mulalah menjadi best friend si kecil, Dads!

artikel terkait