Artikel Parenting

Ini Tanda Anak Punya Kulit dan Rambut Yang Sehat

148
Ini Tanda Anak Punya Kulit dan Rambut Yang Sehat

Artikel ini berisi tentang :

  • Kulit dan Rambut Sehat Tanda Kebutuhan Gizi Si Kecil Terpenuhi
  • Bagaimana Ciri Rambut dan Kulit Sehat?
  • Rambut Tipis Karena Rambut Velus Tidak Dipotong?
  • Bagaimana Agar Kulit dan Rambut Si Kecil Tetap Sehat?

Memenuhi kebutuhan gizi Si Kecil merupakan kewajiban setiap orangtua. Sayang, banyak orangtua yang kurang peka, atau bahkan tidak tahu apakah kebutuhan gizi Si Kecil sudah terpenuhi atau tidak. Alhasil, kondisi kekurangan gizi ini baru diketahui setelah masalah kesehatan mulai menyerang.

Dilansir dalam babycenter, tanda kebutuhan gizi Si Kecil yang sudah terpenuhi sebenarnya sangat mudah, diantaranya bisa dilihat dari tanda-tanda berikut ini:

  • Tinggi dan berat badannya tumbuh maksimal
  • Bibir terlihat segar, mata bening dan wajah yang ceria
  • Nafsu makan dan BAB yang teratur
  • Berbicara lancar dan bergerak aktif
  • Reaksi yang aktif dan penuh perhatian
  • Tidurnya nyenyak

Selain beberapa tanda diatas, ciri lainnya kebutuhan nutrisi Si Kecil sudah terpenuhi maksimal adalah, rambut dan kulitnya yang sehat dan tumbuh dengan baik.

Kulit dan Rambut Sehat Tanda Kebutuhan Gizi Si Kecil Terpenuhi

Dalam pemaparannya tentang tanda anak sehat, Yustina Ani Indriastuti, selaku Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI), rambut yang berkilau dan kulit yang cerah, merupakan salah satu tanda kebutuhan gizi Si Kecil sudah terpenuhi.

Dengan kata lain, jika Si Kecil punya kulit yang cerah dan rambut yang sehat, bisa dikatakan jika kebutuhan nutrisi harian mereka sudah terpenuhi dengan baik, dari mulai vitamin, protein, karbohidrat, dan nutrisi lainnya.

Bagaimana Ciri Rambut dan Kulit Sehat?

Umumnya, kulit sehat terlihat dari kelembaban alaminya yang terjaga dengan baik, berwarna cerah (bukan berarti harus putih, tapi cerah) dan kenyal. Hal ini terjadi karena kebutuhan vitamin A, zinc dan vitamin E Si Kecil sudah tercukupi lewat makanan yang mereka konsumsi.

Sementara untuk rambut, ciri khas utama rambut sehat adalah, terlihat berkilau dan tidak kusam. Ciri khas rambut sehat lainnya adalah, pertumbuhan rambut yang terjaga dengan baik, rambut tidak rontok dan tidak bercabang.

Mengenai tebal atau tipisnya rambut, dr Titi Lestari Sugito, SpKK, dokter spesialis Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin RSUPN Cipto Mangunkusumo, berpendapat jika ini sudah ditentukan secara genetik, jadi tidak ada hubungannya dengan ciri rambut sehat.

Rambut Tipis Karena Rambut Velus Tidak Dipotong?

Mengenai mitos tentang rambut Si Kecil harus dicukur habis agar tumbuh lebih lebat, Titi menjelaskan ini hanya mitos belaka. Bagaimanapun juga, rambut velus atau rambut yang dibawa saat pertama lahir, secara berangsur akan rontok sendiri dan digantikan oleh rambut baru.

Walaupun begitu, mencukur rambut velus sangat direkomendasikan. Selain karena melestarikan budaya, secara medis tradisi ini memberikan beberapa manfaat, yakni:

  • Membersihkan lemak yang menempel di kulit kepala
  • Mencegah kulit kepala Si Kecil tidak mudah teriritasi
  • Bersifat mendinginkan kulit kepala Si Kecil
  • Rambut velus akan tumbuh kembali dengan sempurna

Untuk perawatan rambut dan kulit kepala, saat ini sudah banyak produk perawatan anak yang memang dikhususkan untuk merawat rambut dan kulit kepada Si Kecil sesuai dengan usianya. Tapi untuk perawatan alami, Moms bisa menggunakan lidah buaya dan minyak kemiri.

Bagaimana Agar Kulit dan Rambut Si Kecil Tetap Sehat?

Seperti dijelaskan di atas, kulit dan rambut yang sehat bisa didapat dari konsumsi makanan sehat, misalnya saja makanan dengan kandungan protein tinggi, makanan kaya serat, magnesium, kalsium dan vitamin. Jangan lupa cukupi juga kebutuhan cairan tubuh Si Kecil dengan konsumsi air putih.

Selain itu, untuk menjaga kesehatan dan keindahannya, Dr Eddy Karta, SpKK, menyarankan Moms untuk melakukan beberapa perawatan berikut ini:

  • Saat mandi, jangan lupa untuk membersihkan tubuhnya dengan sabun, , serta mencuci rambut Si Kecil dengan menggunakan shampoo khusus anak.
  • Lindungi Si Kecil dari sengatan sinar matahari, debu dan kotoran.
  • Batasi kebiasaan mandi dengan air panas.
  • Cukupi kebutuhan gizi Si Kecil.
  • Kalau memang dibutuhkan, Moms bisa melakukan perawatan tambahan khusus untuk anak-anak, termasuk lotion dan perlengkapan perawatan rambut.

Kalau Moms melihat ada beberapa tanda rambut atau kulit Si Kecil bermasalah, Eddy menyarankan Moms untuk segera memperbaiki makanan yang dikonsumsi Si Kecil, seperti memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran hijau, konsumsi susu, telur dan sejumlah nutrisi lainnya.

Jika memang dibutuhkan, Moms bisa memberikan suplemen tambahan. Tapi jangan asal kasih Moms, sebaiknya hubungi dulu dokter untuk mendapat rekomendasi produk terbaik bagi kebutuhan Si Kecil.

artikel terkait