Artikel Parenting

Ini Dia Cara Mengenalkan Konsep Warna Pada Anak

33
Ini Dia Cara Mengenalkan Konsep Warna Pada Anak

Moms, ketika si kecil sudah berusia sekitar 2-3 tahun, pada dasarnya mereka sudah bisa membedakan berbagai macam warna, tapi sayangnya mereka belum bisa menyebutkan warna apa saja yang dilihatnya, atau dengan kata lain konsep penamaan warna (Nanjing) masih belum bisa mereka kuasai.

Di sinilah tugas Moms sebagai orang tuanya untuk bisa memperkenalkan warna apa saja yang ada di sekitarnya, dan bagaimana cara membedakannya. Berikut merupakan cara praktis untuk memperkenalkan konsep warna kepada si kecil.

Objek Khusus

Coba perkenalkan beberapa objek khusus dengan warna yang solid. Misalkan, sandal Mama warna merah, sandal Papa warna cokelat, sandal Adik warna Pink. Dengan konsep seperti ini, si kecil akan berpikir jika warna sandal itu berbeda-beda. Di harapkan, dengan cara ini si kecil bisa membedakan sandal berdasarkan warna, bukan berdasarkan sandal milik siapa.

Hindari Hafalan

Masih ingat Moms pelajaran yang warna dengan cara menyebutkan standar warna misalkan, langit biru, daun hijau dan lainnya. Cara pengenalan warna seperti ini memang efektif untuk membuat si kecil hafal tentang warna, tapi percayalah cara ini malah akan membuat si kecil terjebak dalam lingkaran pemahaman jika langit mesti berwarna biru, daun harus berwarna hijau dan lainnya.

Sambil Bermain

Dunia anak merupakan dunia bermain. Segala pengetahuan baru yang si kecil dapatkan, semuanya dilakukan sambil bermain, termasuk dalam pengenalan warna. Moms bisa mengajaknya bermain memasukkan bola sesuai dengan warna keranjangnya, menyamakan warna bola dengan warna benda lainnya, dan lain-lain.

Hindari Bertanya Langsung

Sebisa mungkin hindari pertanyaan langsung, Dek ini warna apa?. Pertanyaan seperti ini terdengar kurang nyaman, sehingga bisa menyebabkan si kecil malas untuk belajar. Sebaiknya ganti pertanyaan tersebut dengan, Dek, tolong ambil bola berwarna kuning, Dek tolong ambil Lego Warna Merah, dan lainnya. Dengan begitu pertanyaan seperti ini terdengar seolah Moms sedang mengajaknya bermain.

Mulai Dengan Satu Warna

Supaya si kecil tidak terjebak dalam persepsi yang salah, coba perkenalkan warna dengan benda satu warna. Misalkan bola atau lego yang kebanyakan memiliki satu warna dan bisa dikelompokkan berdasarkan warna-warnanya. Memperkenalkan benda dengan berbagai macam warna di dalamnya, bisa membuat si kecil bingung dan kesulitan mengenal konsep warna.

Bagaimana Moms, apakah sudah siap memperkenalkan konsep warna kepada si kecil dengan cara menyenangkan? Selamat mencoba!

artikel terkait