Artikel Parenting

Ini Cara Efektif Maksimalkan Pertumbuhan Gigi si Kecil

35
Ini Cara Efektif Maksimalkan Pertumbuhan Gigi si Kecil

Salah satu fase pertumbuhan anak yang paling dinantikan oleh orang tua adalah, erupsi atau keluarnya gigi susu pertama. Proses ini sendiri normalnya terjadi di usia 6-8 bulan. Walaupun demikian, Moms tidak perlu khawatir jika di atas usia tersebut, gigi susu si kecil masih belum juga keluar.

Normalnya, erupsi gigi susu terjadi pada usia anak 6-12 bulan. Jika si atas usia tersebut si kecil masih belum menunjukkan tanda-tanda akan memiliki gigi susu pertamanya, Moms harus segera beraksi dengan cara, memberikan lebih banyak vitamin D, susu dan berbagai nutrisi penunjang lainya.

Perhatikan Aturan Pemberian Makan

Agar si kecil bisa segera mendapatkan gigi susu pertamanya, salah satu yang harus dilakukan oleh orang tua adalah, dengan memperhatikan aturan pemberian makanan, baik dalam hal kualitas ataupun kuantitas dari makanan tersebut.

Pemberian makanan ini sendiri tidak hanya terfokus untuk memaksimalkan tumbuh kembang si kecil, baik dari segi fisik, ataupun intelegensi, tapi makanan yang baik pun berfungsi untuk mendukung pertumbuhan tulang dan giginya, terutama vitamin D.

Jika memang dibutuhkan, anda bisa memberikan suplemen khusus untuk mendukung pertumbuhan giginya, menjaga dan merawat giginya. Tapi ingat, jangan asal memberikan vitamin tambah, sebaiknya hubungi dulu dokter agar apa yang anda lakukan tidak menjadi sia-sia, atau malah berdampak buruk bagi si kecil.

Beri Mainan Gigit

Biasanya, gigi susu si kecil yang keluar, akan diawali dari bagian gigi seri tengah bawah, setelah itu secara berurutan, akan tumbuh satu per satu secara berurutan, ada pula yang langsung sepasang. Ketika proses tumbuh gigi ini, biasanya si kecil akan lebih banyak mengeluarkan air liur, dan bahkan menjadi rewel.

Hal ini wajar, mengingat proses tumbuh gigi dengan cara merobek gusi akan menimbulkan rasa ngilu. Untuk mengatasinya, berikan mainan gigit-gigitan yang sudah dibekukan terlebih dahulu. Selain sebagai penawar rasa sakit, mainan ini pun berfungsi untuk merangsang pertumbuhan gigi lebih cepat.

Dengan cara di atas, semoga saja gigi susu si kecil bisa segera muncul atau tumbuh tepat pada waktunya. Selamat mencoba Moms!

artikel terkait