Artikel Parenting

Catat Moms! Sumber Protein Nabati Ini Wajib Dikonsumsi Si Kecil

378
Catat Moms! Sumber Protein Nabati Ini Wajib Dikonsumsi Si Kecil

Artikel ini berisi tentang:

  1. Perhatikan Pula Asupan Protein Nabati
  2. Protein yang Bebas Lemak
  3. Manfaat dari Protein Nabati
  4. Jenis Protein Nabati yang Baik untuk Si Kecil

Moms pastinya tau benar kalau Si Kecil sangat membutuhkan asupan makanan bergizi lengkap agar bisa menunjang proses pertumbuhan dan perkembangannya. Tak hanya melulu karbohidrat tetapi juga vitamin, mineral, serat, dan protein sangat penting bagi tubuh dan otak mereka.

Misalnya saja zat protein yang berfungsi meningkatkan fungsi otak, membentuk otot, mengganti sel-sel rusak dan sebaginya. Protein bisa Moms temukan dengan mudah, misalnya saja pada daging sapi, ayam, telur, susu, keju, dan sebagainya.

Meskipun begitu, jangan lupakan pula asupan protein nabati yang berasal dari tumbuhan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil.

Perhatikan Pula Asupan Protein Nabati

Selama ini kebanyakan masyarakat hanya fokus pada pemenuhan asupan protein dari sumber hewani saja. Padahal zat tersebut bisa Moms temukan dan dapatkan pula dari unsur nabati yaitu tumbuh-tumbuhan. Contohnya saja seperti tahu, tempe, sayur brokoli, saur bayam, dan masih banyak lagi.

Protein nabati sangat besar sekali manfaatnya bagi pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil lho Moms! Hal ini dikarenakan kandungan gizinya yang lengkap namun tetap rendah lemak jahat.

Protein yang Bebas Lemak

Beda antara protein nabati dan hewani adalah pada jumlah lemak yang terkandung di dalamnya. Kalau pada unsur hewani, sudah jelas sekali kalau terdapat lemak jahat penyebab kolesterol dan obesitas. Akan tetapi pada unsur nabati seperti tahu, tempe dan kacang-kacangan, jenis lemaknya tergolong aman dan juga sehat. Bahkan sangat baik jika dikonsumsi terus menerus dalam jangka waktu lama.

Tubuh malah akan semakin sehat dan terhindar dari beragam jenis penyakit berbahaya yang ditimbulkan akibat kelebihan lemak jahat seperti jantung koroner, tekanan darah tinggi, asam urat, kolesterol, dan masih banyak lagi.

Manfaat dari Protein Nabati

Di dalam protein nabati mengandung banyak sekali nutrisi dan zat penting, salah satunya adalah Asam Glutamat. Jenis kandungan ini hampir mirip dengan Asam Amino yang mampu meningkatkan kesehatan dan kecerdasan otak.

Asam Glutaman mampu menurunkan resiko tekanan darah tinggi (oleh penelitian dari Dietary Approaches to Stop Hypertension atau DASH). Manfaat lainnya adalah mampu menjaga kesehatan jantung, mencegah penyakit kanker, dan stroke.

Bahkan sangat baik untuk Si Kecil yang masih dalam fase pertumbuhan dimana sel-sel otot tubuh cepat terbentuk. Tubuh menjadi lebih sehat dan bugar namun tidak kelebihan lemak atau bahkan menjadi obesitas.

Jenis Protein Nabati yang Baik untuk Si Kecil

Ada banyak sekali jenis bahan makanan yang mengandung protein nabati tapi tidak semuanya baik dikonsumsi Si Kecil. Moms bisa berikan beberapa sumber protein alami berikut ini!

  1. Tahu dan Tempe

Dua jenis makanan ini sangat lezat dan bahkan menjadi menu andalan bagi sebagian masyarakat di Indonesia. Terbuat dari kacang kedelai yang kaya akan protein dan zat penting lainnya. Sering konsumsi tahu dan tempe bisa membuat tubuh menjadi sehat, seperti menurunkan kolesterol, menyehatkan jantung, mencegah anemia, menguatkan tulang, sebagai antibiotik tubuh, dan masih banyak lagi.

  1. Kacang Edamame

Edamame sering juga disebut sebagai kacang kedelai Jepang karena mempunyai bentuk lebih besar dan warnanya hijau. Selain kaya akan protein, jenis kacang tersebut mengandung Vitamin A, C, dan juga serat. Kemudian juga mengandung asam amino esensial setara dengan daging sapi segar.

  1. Biji Labu

Moms bisa memberikan biji labu rebus dimasak menjadi kolak atau dalam bentuk kuaci kering. Biji labu mengandung protein nabati sehat yang tinggi, Vitamin A, B12, D, kalium, dan sodium. Manfaatnya sangat beragam, antara lain meningkatkan imunitas, menjaga kesehatan mata, mencegah sariawan, memaksimalkan penyerapan zat besi, menjaga kesehatan jantung, mengurangi resiko kolesterol dan sebagainya.

  1. Kentang

Kentang bisa Moms berikan sebagai pengganti nasi karena kandungan glukosa dan karbohidratnya lebih rendah dan aman. Selain itu, kentang pun mengandung jenis protein alami yang bagus untuk pertumbuhan Si Kecil. Ada pula zat asam amino, zat besi, Vitamin B6, magnesium, fosfor, dan masih banyak lagi.

Setelah mengetahui pentingnya dan besarnya manfaat dari protein nabati, Moms jangan hanya melulu memberikan makanan dari unsur hewani saja ya! Imbangi pula dengan berbagai macam makanan dari tumbuhan seperti tahu, tempe, kacang-kacangan, sayur bayam, brokoli, labu, dan lain sebagainya. Pasalnya jenis protein yang satu ini sangat sehat dan rendah lemak sehingga Si Kecil terhindar dari resiko obesitas, kolesterol, darah tinggi, penyakit jantung atau semacamnya.

artikel terkait