Artikel Parenting

Cara Mudah Atasi Si Kecil yang Susah Makan

631
Cara Mudah Atasi Si Kecil yang Susah Makan

Moms, ketika sudah menginjak usia menginjak 1 tahun, jangan heran kalau si kecil mulai susah untuk di suruh makan. Hal ini cukup beralasan, mengingat sekarang ini pertumbuhan mereka tidak secepat ketika mereka masih bayi. Selain itu, sekarang ini si kecil pun sedang dalam masa transisi perpindahan dari makanan cair ke makanan padat.

Mau tidak mau, seluruh perubahan yang terjadi kepadanya akan menyebabkan si kecil sulit makan. Kalaupun mereka mau makan, mereka hanya sanggup menelan beberapa suap, hingga akhirnya menolak untuk memakannya. Adakah solusi untuk mengatasi si kecil yang susah makan?

Tenang Moms, segala permasalahan pasti ada jalan keluarnya. Tapi sebelum itu, perlu diketahui jika kebutuhan kalori anak batita hanya sekitar 1.000-1.300 kalori/hari. Nah, agar kebutuhan kalori si kecil terpenuhi, cobalah untuk membiarkan mereka memilih makan apa yang mereka sukai. Contohnya, kalau si kecil lebih suka biskuit, biarkan saja dia mengonsumsi biskuit tersebut.

Yang terpenting, sekarang ini tugas Moms adalah, sebisa mungkin selalu menyediakan makanan dengan kandungan gizi yang sempurna, sekaligus mengawasi mereka supaya tidak mengonsumsi makanan tersebut secara berlebih. Hal ini dilakukan untuk mengurangi dampak buruk mengonsumsi makanan berlebihan, yang bisa menyebabkan obesitas.

Jangan Memaksa

Jangan karena si kecil sulit untuk makan, lantas Moms memaksanya untuk makan. Perlu diketahui, memaksa anak untuk makan akan menyebabkan mereka trauma, terlebih memaksanya untuk menghabiskan makanan yang si kecil sisakan. Kebiasaan seperti ini akan menyebabkan anak trauma, dan secara tidak sadar Moms telah menyuruh mereka menyantap makanan tidak sesuai dengan kebutuhannya.

Alhasil, si kecil pun kemungkinan bera akan mengalami kegemukan. Untuk itu, sebelum Moms memaksa si kecil untuk makan, atau bahkan memberikan suplemen penambah nafsu mana, sebaiknya Moms ketahui dulu apa penyebab si kecil sulit makan. Apakah karena dia sedang asyik dengan permainan barunya, atau mungkin si kecil sudah makan tapi hanya porsi itu yang sanggup mereka santap.

Bagaimana Moms, sekarang sudah tahu kan langkah apa yang harus di ambil? Selamat mencoba.

artikel terkait