Artikel Parenting

Awas, Sinar Matahari Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Kulit Pada Si Kecil!

10
Awas, Sinar Matahari Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Kulit Pada Si Kecil!

Artikel ini berisi tentang :

  1. Hati-hati Dengan Sinar Matahari
  2. Kanker Kulit Sangat Bahaya
  3. Bagaimana Cara Mengatasinya?
  4. Konsumsi Makanan Sehat!

Banyak pakar yang menganjurkan agar Moms membiarkan Si Kecil bermain di luar ruangan. Selain bisa membuat mereka lebih aktif, bermain di luar ruangan pun akan melatih kemampuan mereka dalam bersosialisasi, dan sederet manfaat penting lainnya.

Hati-hati Dengan Sinar Matahari

Walaupun begitu, bukan berarti Moms bisa membiarkan mereka begitu saja. Bagaimanapun juga, ada ancaman yang harus diredam saat mereka mulai aktif bermain di luar ruangan, salah satunya ancaman dari sinar matahari yang bisa tingkatkan risiko kanker kulit.

Anak yang rutin terpapar sinar matahari sejak dini, berisiko besar mengalami kerusakan sel kulit, yang pada gilirannya bisa menyebabkan masalah kanker kulit saat mereka dewasa nanti (oleh Dr. Lynn Cornelius, Chief of Dermatology di Universitas Washington)

Lebih lanjut lagi, Lynn menjelaskan jika perkembangan sel kanker melanoma 2 kali lebih cepat menimpa mereka yang sering terpapar sinar matahari sejak usia muda, ketimbang mereka yang jarang terpapar sinar matahari, atau hanya terpapar saat dewasa.

Kanker Kulit Sangat Bahaya

Menurut U.S. Centers for Disease Control and Prevention, melanoma atau kanker kulit merupakan salah satu jenis kanker ganas yang patut diwaspadai. Selain bisa menyebabkan cacat penampilan, kanker jenis ini pun bisa menyebar dan menimbulkan dampak yang lebih buruk.

Contohnya saja karsinoma sel skuamosa, merupakan salah satu komplikasi yang bisa menyebar ke tulang, jaringan, hingga noda limfa di sekitarnya. Dalam kondisi parah, karsinoma jenis ini bisa sangat berbahaya dan memicu komplikasi yang lebih serius.

Yang lebih parah, untuk jenis kanker kulit tertentu, risikonya bahkan bisa mengancam nyawa lho! Makanya Moms, sangat penting untuk mencegah risiko kanker kulit sejak dini.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Jika sudah terlanjur terserang kanker kulit, menurut The Skin Cancer Foundation, cara paling ampuh untuk menanganinya adalah, dengan mengangkatnya secepatnya dengan cara tembak laser, menggunakan obat-obatan tertentu atau lewat jalur operasi.

Tapi sebelum itu terjadi, ada beberapa hal yang sebaiknya Moms lakukan untuk mencegah timbulnya kanker kulit, diantaranya :

  1. Sebaiknya Moms hanya mengizinkan Si Kecil bermain di jam aman, antara jam 6-9 pagi, atau jam 3-6 sore. Hal ini dilakukan agar Si Kecil terhindari dari radiasi sinar UV.
  2. Sebaiknya ajak Si Kecil bermain di dalam ruangan atau tempat yang teduh (di bawah pohon rindang dan lainnya), terutama jika Si Kecil masih berusia dibawah 3 tahun.
  3. Saat akan beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya pastikan Si Kecil sudah menggunakan sunblock dengan kandungan SPF 30.
  4. Jangan lupa untuk menggunakan topi, dan pakaian tangan panjang atau jaket tipis. Memang ini sangat merepotkan, tapi setidaknya ini demi kebaikan Si Kecil juga.

Perlu dicatat, sebaiknya Moms jangan tertipu oleh awan. Walaupun langit terlihat mendung atau cuaca tidak terlalu terik, paparan sinar UV masih sangat kuat untuk melukai kulit Si Kecil. So, waspadalah!

Konsumsi Makanan Sehat!

Selain dengan melakukan perlindungan secara fisik, kanker kulit pun bisa dicegah dengan konsumsi makanan sehat. Menurut penelitian yang dimuat dalam European Journal of Medicinal Chemistry, menyebut jika kembang kol dan brokoli cukup ampuh mencegah pertumbuhan sel kanker.

Hal ini tidak lain karena dalam brokoli dan kembang kol, tersimpan senyawa aktif yang disebut isothiocyanates. Senyawa inilah yang bekerja melindungi kulit dari dalam, dan membunuh sel-sel kanker kulit sebelum mereka berkembang.

Selain itu, beberapa makanan lainnya pun diketahui memiliki efek yang sama, diantaranya susu, alpukat, kunyit, teh hijau dan lainnya. (oleh Ketua tim peneliti, Arun Sharma, Ph.D)

artikel terkait