Artikel Parenting

Yuk Bikin Menu Rolade Tahu Sayur Biar Si Kecil Makin Lahap

3
Yuk Bikin Menu Rolade Tahu Sayur Biar Si Kecil Makin Lahap

Artikel ini berisi tentang:

  1. Bahan Utama Rolade Tahu Sayur
  2. Bahan Bumbu Halus
  3. Cara Membuat Rolade tahu Sayur
  4. Alternatif Penyajian Rolade Tahu Sayur

Tahu merupakan salah satu sumber protein khas Indonesia yang mudah diolah, dan harganya pun bersahabat. Selain dijadikan menu utama tahu goreng atau sayur tahu, Moms bisa mengolah makanan yang satu ini jadi menu yang lebih menarik. Contohnya rolade tahu sayur.

Menu ini cukup mudah dibuat kok Moms, dan bisa dijadikan sebagai alternatif sarapan sehat, atau dijadikan sebagai bekal sekolah Si Kecil

Bahan Utama Rolade Tahu Sayur

  • 2 buah tahu putih
  • 1 butir telur (untuk dadar), dikocok lepas
  • 1 butir putih telur
  • 1 batang wortel, dikupas dan dipotong berbentuk kotak
  • Daun bawang, secukupnya
  • Daun seledri, secukupnya

Bahan Bumbu Halus

  • 1 siung bawang putih
  • ¼ sdt garam
  • ¼ sdt merica

Seluruh bumbu halus ditumbuk halus dengan menggunakan ulekan batu. Jika ingin lebih praktis, Moms bisa kok menggunakan blender.

Cara Membuat Utama Rolade Tahu Sayur

  1. Haluskan tahu dengan cara ditumbuk, dan tambahkan bumbu halus. Aduk-aduk hingga seluruh bumbu halus tercampur rata. Koreksi koreksi rasa. Jika dibutuhkan, Moms bisa menambahkan penyedap rasa ayam.
  2. Tambahkan putih telur, wortel, daun bawang, dan daun seledri, aduk kembali adonan hingga seluruh bahan tercampur rata. Sisihkan.
  3. Panaskan kukusan, kemudian masukkan adonan tahu dalam cetakan. Kukus selama 15 menit, atau hingga adonan matang. Angkat dan dinginkan. Sisihkan.
  4. Ambil telur yang sudah dikocok, kemudian dadar telur hingga matang. Usahakan dadar telur yang dibuat tidak terlalu tebal. Angkat dan dinginkan.
  5. Letakkan adonan tahu tadi, kemudian bungkus dengan telur dadar dan potong-potong dalam ukuran siap santap.

Alternatif Penyajian Rolade Tahu Sayur

Selain dengan menggunakan sayuran, seperti wortel, Moms pun bisa menggunakan sayuran lainnya, seperti brokoli. Jika suka dengan makanan peda, Moms bisa menambahkan potongan cabe rawit yang dicacah kecil, atau potongan cabe merah.

Kalau ingin lebih meriah, tambahkan juga suwiran daging ayam, ati ayam, sosis, potongan bakso, adon dan lainnya ke dalam adoanan sebelum dikukus. Bagaimana Moms, tertarik mencoba resep sederhana ini? Selamat mencoba!

artikel terkait