Artikel Parenting

Si Kecil Suka Ikan? Yuk Bikin Onigiri Tuna Mayo

0
Si Kecil Suka Ikan? Yuk Bikin Onigiri Tuna Mayo

Artikel ini berisi tentang :

  1. Bahan Onigiri
  2. Bahan Isian
  3. Bahan Pelengkap
  4. Cara Membuat

Onigiri atau nasi kepal khas Jepang merupakan salah satu menu sarapan praktis yang bisa Moms pilih. Selain itu, onigiri pun bisa Moms bentuk sesuai selera dengan isian yang beragam, sehingga cocok banget jika dijadikan sebagai bekal sekolah Si Kecil.

Nah untuk kali ini, kita akan membuat onigiri dengan isian tuna dan mayonnaise. Tentu saja selain mengenyangkan, menu makanan ini pun sangat sehat, terutama karena ikan yang digunakan merupakan ikan tuna, salah satu jenis ikan dengan kandungan nutrisi yang melimpah.

Berikut merupakan resep onigiri tuna mayo, sarapan spesial dengan kandungan nutrisi yang melimpah.

Bahan Onigiri

  • 2 piring nasi hangat
  • ½ sdt minyak wijen
  • ½ sdt garam
  • 2 sdm furikake (abon Jepang)

Bahan Isian

  • 2 sdm mayonnaise
  • 1 kaleng ikan tuna
  • 25 gram bawang bombay
  • lada bubuk, secukupnya

Bahan Pelengkap

  • 2 lembar nori

Cara Membuat

  1. Siapkan nasi, kemudian taburkan garam, minyak wijen dan furikake. Aduk semua bahan hingga rata. Sisihkan. Catatan, pastikan saat diolah nasi masih dalam kondisi panas.
  2. Siapkan bahan isian. Tumis bawang bombay hingga layu, kemudian angkat dan sisihkan.
  3. Dalam wadah terpisah, buka kemasan tuna kaleng dan tuangkan isinya.
  4. Campurkan tuna kaleng dengan bawang mombay goreng, mayonnaise dan lada bubuk. Aduk semua bahan hingga rata. Sisihkan.
  5. Ambil talenan, kemudian lapisi dengan plastik wrap. Ambil sekepal nasi, kemudian pipihkan. Masukkan 1 sdm bahan isian tuna tuna tadi, kemudian bulatkan.
  6. Dengan menggunakan plastik wrap, Moms bisa langsung mengepal-ngepal nasi hingga berbentuk segitiga, bulat, atau oval. Sesuaikan saja dengan selera.
  7. Ambil lembaran nori, kemudian gunting dengan bentuk memanjang. Ambil nasi, dan letakkan di atas nori. Rekatkan nori agar tidak mudah jatuh.

Agar lebih indah, Moms bisa membentuk onigiri ini dengan bentuk-bentuk unik. Gunakan sisa bahan nori yang dibentuk jadi mata, bibir atau pelengkap lainnya.

Selain itu, Moms pun bisa menggunakan bahan tambahan sayuran, seperti kacang polong sebagai mata, wortel rebus sebagai bibir dan lainnya. Sesuaikan saja dengan bahan-bahan yang ada. Onigiri tuna mayonnaise pun siap disantap atau dijadikan bekal sekolah Si Kecil.

artikel terkait