Artikel Parenting

Roti Tawar Gulung Abon, Si Kecil Pasti Suka!

31
Roti Tawar Gulung Abon, Si Kecil Pasti Suka!

Artikel ini berisi tentang :

  1. Menu Praktis Kaya Manfaat
  2. Bahan Utama Roti Tawar Gulung Abon
  3. Cara Membuat Roti Tawar Gulung Abon
  4. Saran Penyajian

Memilih menu sarapan atau bekal makan siang yang praktis bukanlah hal yang mudah Moms. Pasalnya, selain harus menyesuaikan dengan selera Si Kecil, makanan yang dibuat pun harus tahan lama dan punya nilai gizi. Contohnya saja menu sederhana roti tawar gulung abon.

Menu Praktis Kaya Manfaat

Selain karena praktis dan mudah dibuat, roti tawar gulung abon pasti disukai Si Kecil karena rasanya yang lezat. Bonusnya, makanan ini pun termasuk punya nilai gizi yang sangat tinggi, seperti karbohidrat kompleks, dan serat yang terkandung dalam roti gandum.

Makanan ini pun menggunakan abon yang merupakan bahan makanan yang terbuat dari serat daging, seperti daging sapi, daging, ayam, dan ikan. Nah mengenai kandungan gizinya, sama seperti sumber aslinya, yakni kaya akan protein, kalsium, porfor, zat besi dan lainnya.

Tapi ingat Moms, sebaiknya pilih abon yang terbuat dari serat daging asli ya. Kalau memungkinkan, sebaiknya Moms buat sendiri di rumah dari bahan baku daging yang ada.

Bahan Utama Roti Tawar Gulung Abon

  • 3 lembar roti tawar gandum, dibuang pinggirannya.
  • 100 ml susu UHT putih
  • 200 gr abon, bisa abon sapi, ayam atau ikan.
  • 1 batang daun seledri.
  • 1 batang daun bawang.
  • 2 butir telur
  • ½ sdt paprika bubuk
  • 4 sdm susu kental manis
  • Garam dan lada hitam, secukupnya.

Cara Membuat Roti Tawar Gulung Abon

  1. Ambil telur, kemudian kocok bersama susu, daun bawang, daun seledri, paprika bubuk, dan tambahkan sedikit garam. Sisihkan.
  2. Dalam wadah lainnya, campurkan mayonnaise dengan susu kental manis, aduk hingga tercampur rata. Tambahkan sedikit garam dan lada hitam, aduk kembali.
  3. Siapkan wajan dan panaskan minyak dengan api sedang.
  4. Ambil 1 buah roti gandum, kemudian pipihkan dengan menggunakan rolling pin.
  5. Celupkan roti ke dalam kocokan telur, kemudian panggang di atas pan sampai telur matang, dan sisihkan. Lakukan untuk roti lainnya hingga habis.
  6. Oleskan campuran mayonnaise ke atas roti, kemudian lapisi dengan taburan abon sapi. Gulung roti hingga berbentuk bulat. Lakukan langkah yang sama untuk sisa roti hingga habis.

Saran Penyajian

Roti tawar gulung abon termasuk makanan yang bisa dimodifikasi agar Si Kecil makin suka, misalnya dengan menambahkan mayonnaise, menambahkan kembali taburan abon di bagian luarnya, diberi cocola saus, atau bahkan dengan menambahkan isian jamur kancing, irisan daging atau potongan sosis.

Bagaimana Moms, ternyata sangat mudah bukan? Selamat mencoba!

artikel terkait