Artikel Parenting

Resep Orak-Arik Telur Tahu Sawi Putih Ini Gampang Banget Lho Moms!

7
Resep Orak-Arik Telur Tahu Sawi Putih Ini Gampang Banget Lho Moms!

Artikel ini berisi tentang:

  1. Orak-arik, Alternatif Olahan Telur Yang Praktis
  2. Bahan Utama Orak-Arik Telur Tahu Sawi Putih
  3. Cara Membuat Orak-Arik Telur Tahu Sawi Putih
  4. Catatan Bahan-bahan

Telur merupakan bahan makanan sederhana yang bisa diolah jadi banyak makanan. Telur biasa dijadikan sebagai campuran dalam membuat kue, sajian spesial puding dan lainnya. Telur pun bisa diolah secara mandiri dengan cara didadar atau direbus.

Orak-arik, Alternatif Olahan Telur Yang Praktis

Orak-arik merupakan olahan telur yang sangat simpel. Makanan ini bisa Moms pilih saat tidak punya waktu banyak untuk menyiapkan makanan, sementara telur dadar atau ceplok sudah terlalu sering disajikan. Dengan tambahan tahu dan sayuran seperti sawi putih, makanan ini akan terasa lebih lezat dan komplit.

Jika Moms suka, bisa juga ditambahkan dengan irisan cabai merah, tomat yang sudah dibuang dalamannya, atau bahan tambahan lainnya sesuai selera. Nah penasaran kan bagaimana cara membuat orak-arik telur tahu sawi super lezat ini? Kita simak yuk!

Bahan Utama Orak-Arik Telur Tahu Sawi Putih

  • 3 butir telur, dikocok lepas, kemudian masak diorak-arik
  • 4 siung bawang putih, dicincang halus
  • 1 siung bawang bombay, diiris tipis
  • 1 bonggol sawi putih, dipotong-potong kecil
  • 150 gram tahu, dipotong dadu
  • 2 buah cabe merah, diiris menyamping
  • ¼ sdt merica bubuk
  • Gula, garam dan minyak, secukupnya

Cara Membuat Orak-Arik Telur Tahu Sawi Putih

  1. Siapkan wajan, dan panaskan minyak. Masukkan bawang putih, bawang bombay, dan irisan cabe merah, tumis hingga harum dan bawang berubah warna.
  2. Masukkan sawi putih, dan masak hingga agar layu (sambil diaduk-aduk).
  3. Masukkan tahu goreng dan telur orak-arik, tambahkan merica bubuk, garam dan gula, orak-arik terus hingga semua bahan tercampur rata dan bumbu meresap. Angkat dan sajikan.

Catatan Bahan-bahan

Agar aroma dan rasa yang dihasilkan sajian ini benar-benar maksimal, ada beberapa catatan yang sebaiknya Moms perhatikan saat membuat resep ini, diantaranya:

  1. Setelah dipotong-potong, Moms bisa menggoreng dulu tahu agar tidak mudah hancur saat diorak-arik. Sebagai alternatifnya, bisa menggunakan tahu yang sudah digoreng.
  2. Saat membuat telur orak-arik, tambahkan sedikit susu murni untuk memberi tambahan rasa yang lebih gurih, dan kenyal.
  3. Selain dengan sawi putih, Moms pun bisa membuat sajian ini dengan tambahan bahan lainnya, termasuk kikil atau kulit daging sapi. Tapi usahakan, pilih kikil yang tipis.
  4. Untuk membuat telur orak-arik dan menumisnya, Moms bisa menggunakan minyak sayur atau minyak kelapa murni. Disesuaikan saja dengan stok yang ada.

Simpel dan praktis bukan Moms? Tunggu apalagi, yuk segera bikin orak-arik telur tahu sawi putih, menu spesial untuk keluarga tercinta. Selamat mencoba.

artikel terkait