Artikel Parenting

Moms, Yuk Bikin Camilan Lezat Keju Krim Lapis Alpukat

17
Moms, Yuk Bikin Camilan Lezat Keju Krim Lapis Alpukat

Artikel ini berisi tentang:

  1. Camilan Keju Krim Lapis Alpukat
  2. Manfaat Keju untuk Si Kecil
  3. Manfaat Buah Alpukat
  4. Resep Membuat Keju Krim Lapis Alpukat

Anak-anak sangat suka cemilan, seperti makanan ringan, snacks, roti, cokelat, keripik, dan lain sebagainya. Meskipun banyak merek jajanan di supermarket yang diklaim bersih, sehat dan bergizi oleh produsennya, namun tetap saja terdapat berbagai macam bahan pengawet.

Misalnya saja kandungan MSG, pemanis buatan, garam, lemak, pewarna, bahkan terkadang bahan kimia agar membuat cemilan tersebut tetap awet. Bayangkan saja jika Si Kecil terus-terusan atau sering mengkonsumsi aneka makanan ringan tersebut. Dalam jangka waktu pendek ataupun panjang , pasti akan mengganggu kesehatan tubuhnya.

Moms mungkin telah melihat sendiri beberapa kasus dimana anak-anak mengidap penyakit atau masalah kesehatan serius karena terlalu sering konsumsi camilan tak sehat. Misalnya saja obesitas, diabetes, diare, tifus, dan masih banyak lagi. Padahal Si Kecil bisa menikmati camilan lezat dan sehat di rumah. Moms bisa membuat berbagai macam resep camilan ringan yang lebih higienis, tanpa pengawet, atau bahan berbahaya lainnya.

Camilan Keju Krim Lapis Alpukat

Akan lebih baik apabila Moms membuat sendiri camilan lezat untuk Si Kecil. Bahan dan cara memasaknya bisa ditentukan sendiri di rumah. Dengan begitu, Moms dapat memastikan kebersihan serta kandungan gizi di dalam makanan tersebut. Selain aman dikonsumsi dan tidak menimbulkan resiko penyakit berbahaya, camilan sehat dapat membantu tumbuh kembang mereka.

Moms dapat menggunakan berbagai macam bahan makanan sehat seperti sayur, buah, daging, susu, keju, dan sebagainya. Misalnya saja seperti keju krim lapis alpukat yang gurih, lembut, creamy, dan banyak manfaatnya.

Manfaat Keju untuk Si Kecil

Jenis camilan ringan krim keju lapis alpukat tidak hanya lezat saja lho Moms tetapi juga mengandung banyak gizi dan nutrisi. Keju yang merupakan olahan susu sapi memberikan manfaat yang besar, antara lain sebagai berikut.

  1. Kandungan kalsium dalam keju mampu membantu proses pertumbuhan tulang dan gigi Si Kecil, kemudian menjaganya agar tetap kuat dan mencegah pengeroposan.
  2. Di dalam keju mengandung lemak baik sehingga tidak menyebabkan obesitas atau kolesterol.
  3. Keju juga mampu memberikan energi sehingga Si Kecil tidak mudah lelah, merasa lemas dan selalu bersemangat.
  4. Terdapat pula zat antioksidan yang terdiri dari seng, magnesium, dan selenium. Ini berfungsi untuk menghancurkan racun-racun di dalam tubuh.

Manfaat Buah Alpukat 

Selain keju, bahan utama lainnya yang dibutuhkan adalah buah alpukat. Jenis buah yang satu ini juga tak kalah bagus bagi tubuh Si Kecil. Mengandung aneka macam vitamin, mineral, bahkan zat protein lho Moms! Nah, berikut ini manfaat alpukat untuk Si Kecil.

  1. Mengandung lemak nabati dan tidak jenuh sehingga mampu menurunkan resiko kolesterol, darah tinggi, dan penyakit diabetes.
  2. Vitamin B, berfungsi untuk membangun jaringan dan sel-sel tubuh.
  3. Vitamin E, berguna untuk kesehatan kulit, melindungi otak Si Kecil, serta mencegah serangan jantung.
  4. Alpukat juga mengandung omega 3 yang sangat baik untuk perkembangan otak anak-anak. Dengan nutrisi yang cukup maka kecerdasan Si Kecil akan meningkat dan membuat mereka makin cerdas.

Resep Membuat Keju Krim Lapis Alpukat

Resep camilan lezat yang satu ini mudah dibuat tanpa memerlukan waktu lama kok Moms. Perhatikan cara dan step membuatnya di bawah ini!

  1. Persiapkan dulu bahan-bahan yang dibutuhkan, antara lain alpukat, krim keju, keju batangan, biskuit marie, gula, gelatin bubuk, mentega, air secukupnya, dan loyang bongkar pasang.
  2. Hancurkan biskuit marie, jangan terlalu lembut ya Moms agar masih terasa remahannya ketika dimakan. Tambahkan mentega cair dan aduk sampai benar-benar rata. Kemudian masukkan ke dalam loyang, ratakan sambil ditekan. Tunggu beberapa menit sampai adonan menjadi keras!
  3. Selanjutnya membuat adonan krim keju yang terdiri dari krim keju, gula halus, gelatin, keju batang yang sudah diparut halus. Aduk semuanya sampai tercampur rata dan taruh di loyang berisi adonan biskuit marie. Ratakan dan masukkan ke dalam kulkas agar semua bahan menjadi keras dan tidak lembek.
  4. Hancurkan buah alpukat sampai halus, masukkan gula secukupnya, atau bisa juga ditambah susu kental manis. Kemudian tambahkan pula gelatin sedikit agar adonan alpukat dapat berbentuk padat. Tambahkan ke dalam loyang dan letakkan lagi ke dalam kulkas.
  5. Setelah mengeras maka camilan lezat krim keju lapis alpukat siap dihidangkan. Dijamin bikin Si Kecil senang dan ketagihan, Moms!

Itulah resep camilan lezat, higienis dan juga sehat yang bisa disajikan untuk Si Kecil. Jangan biasakan anak-anak jajan makanan ringan di luar rumah atau dari supermarket, Moms. Snacks tersebut mengandung berbagai macam bahan pengawet, MSG, dan pemanis yang bisa mengganggu kesehatan Si Kecil.

artikel terkait