Artikel Parenting

Moms, Begini Caranya Bikin Onde-onde Ketawa Renyah dan Lezat!

2
Moms, Begini Caranya Bikin Onde-onde Ketawa Renyah dan Lezat!

Artikel ini berisi tentang:

  1. Bahan Utama Onde-onde Ketawa
  2. Bahan Taburan
  3. Cara Membuat Onde-onde Ketawa
  4. Trik Onde-onde Ketawa Renyah

Pernah dengar nama sajian ini. Sepintas, onde-onde ketawa ini mirip dengan onde-onde biasa yang berusi kacang hijau. Tapi bedanya, umumnya onde-onde ketawa ini tidak punya isian dan ciri khasnya ada di bagian atas yang terbelah mirip dengan mulut yang sedang tertawa lebar.

Jangan khawatir Moms, cara membuatnya mudah kok, bahkan bisa dibuat versi minimnya juga. Penasaran kan? Kita simak yuk resepnya.

Bahan Utama Onde-onde Ketawa

  • 300 gram tepung terigu
  • 80 gram gula pasir
  • 2 sdm margarin
  • 2 butir telur ayam
  • 1 sdt baking powder
  • ¼ sdt soda kue
  • Garam dan vanili secukupnya
  • Minyak goreng, secukupnya
  • Air dingin, secukupnya

Bahan Taburan

  • Biji wijen, secukupnya

Selain menggunakan biji wijen, Moms bisa menggunakan gula halus sebagai penggantinya. Sesuaikan saja dengan bahan yang ada.

Cara Membuat Onde-onde Ketawa

  1. Campur tepung terigu dengan baking powder, garam, soda kue, dan vanili. Pastikan semua bahan ini tercampur rata. Sisihkan.
  2. Dalam wadah lain, campurkan margarine dengan gula pasir sampai tercampur rata, kemudian tambahkan telur. Kocok kembali hingga tercampur rata.
  3. Masukkan adonan tepung terigu tadi, kemudian aduk kembali hingga rata dengan menggunakan sendok kayu. Aduk terus hingga adonan kalis dan bisa dibentuk.
  4. Bentuk adonan bulat-bulan. Moms bisa membentuk adonan bulat besar seperti onde standar, atau bulat-bulat kecil untuk versi mini.
  5. Setelah selesai, olesi adonan dengan air dingin, kemudian gulingkan pada adonan wijen. Dan simpan dalam wadah terpisah. Lakukan terus hingga adonan habis.
  6. Sebelum digoreng, belah dulu atas onde hingga terbagi jadi empat bagian untuk memberikan efek mirip orang tertawa.
  7. Panaskan minyak, dan goreng adonan hingga onde merekah dan warnanya jadi kuning keemasan. Angkat dan tiriskan.

Sebagai catatab, jika Moms menggunakan gula halus, proses pemberian gula halus ini dilakukan setelah onde-onde digoreng, kemudian balurkan pada gula halus, dan angkat. Sajikan.

Trik Onde-onde Ketawa Renyah

Saat membuat onde-onde ketawa, hal pertama yang harus diperhatikan adalah, Moms sebaiknya menggunakan tepung terigu yang kering dan berkualitas. Untuk mendapatkan itu semua, Moms bisa menyangrai dulu tepung beberapa saat.

Setelah itu, ayak tepung agar yang dihasilkan benar-benar tepung yang halus. Setelah itu, Moms baru bisa mencampur tepung dengan bahan lainnya, seperti baking powder, garam dan vanili. Selamat mencoba!

artikel terkait