Artikel Parenting

Kue Ape, Pancake Asli dari Jakarta. Bikin Yuk!

0
Kue Ape, Pancake Asli dari Jakarta. Bikin Yuk!

Artikel ini berisi tentang :

  1. Mudah Dibuat, Rasanya Khas!
  2. Bahan Utama
  3. Cara Membuat Kue Ape
  4. Bagaimana Jika Ingin Menambahkan Topping?

Kue ape pandan merupakan salah satu hidangan spesial khas tanah Betawi. Bentuk kue ape sendiri sebenarnya mirip dengan kue serabi khas Solo, cuma bedanya kue ini memiliki bagian pinggir yang renyah dengan warna hijau khas pandan.

Terkadang, ada juga orang yang menyebut kue ape sebagai pance asli dari Jakarta. Terlepas dari semua itu, faktanya kue ape merupakan salah satu jajanan tradisional yang hingga kini masih terus lestari.

Mudah Dibuat, Rasanya Khas!

Selain karena citarasanya yang unik, kue ape berhasil menembus zaman karena kue ini memang memiliki rasa yang asyik dengan aroma pandan yang benar-benar khas.

Selain itu, cara membuat kue ape pun sangat mudah. Bagi mereka yang suka bereksperimen dengan menu makanan, kue ape bisa dikembangkan jadi menu baru dengan bahan-bahan tambahan kekinian. Misalnya kue ape keju, kue ape cokelat, dan lainnya

Nah Moms, kita coba yuk bikin sendiri kue ape, pance asli dari Jakarta.

Bahan Utama

  • 200 gram tepung beras
  • 100 gram tepung terigu protein sedang
  • 175 gram gula pasir
  • 1 sdt baking powder
  • ½ sdt garam
  • 400 ml air
  • 25 ml air daun suji dari 25 lembar daun suji
  • 2 lembar daun pandan
  • 8 tetes pasta pandan

Cara Membuat Kue Ape

  1. Siapkan wadah, kemudian campurkan tepung terigu, tepung beras, baking powder dan garam. Aduk semua bahan sampai merata.
  2. Masukan gula, dan tambahkan setengah dari air sedikit demi sedikit sambil diuleni selama kurang lebih 15 menit. Uleni sampai merata.
  3. Masukan sisa air dan tambahkan air daun suji sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga tercampur rata. Diamkan adonan hingga mengembang. Kurang lebih 1 jam.
  4. Nyalakan kompor dengan api besar, dan panaskan cetakan kue ape. Olesi cetakan dengan minyak.
  5. Tuangkan satu centong sayur adonan kue ape, tekan bagian tengah kue ape sampai sisinya berkulit. Tutup cetakan agar kue ape matang maksimal.
  6. Kecilkan api, dan tunggu hingga kue ape matang matang maksimal. Angkat, dan lakukan hal yang serupa untuk sisa adonan.

Bagaimana Jika Ingin Menambahkan Topping?

Seperti dijelaskan di atas, kue ape sekarang sudah bisa diberi tambahan topping, dari mulai keju, cokelat, selai buah-buahan, dan topping lainnya. Sesuaikan saja dengan selera.

Untuk menambahkan topping, setelah adonan kue ape dimasukkan ke dalam cetakan (langkah 5),  tunggu sebentar hingga kue ape ¼ matang. Kemudian masukkan topping tersebut dibagian tengah kue ape. Setelah itu, baru tutup cetakan kue ape dengan tutupnya.

Bagaimana Moms, ternyata sangat mudah bukan? Tertarik berkreasi dengan kue khas Betawi yang kini sudah menjamur hingga ke pelosok wilayah Indonesia ini?

artikel terkait