Artikel Parenting

Kreasi Lezat Roti Panggang Nanas. Yuk Cobain!

10
Kreasi Lezat Roti Panggang Nanas. Yuk Cobain!

Artikel ini berisi tentang:

  1. Bisa Dikreasikan jadi Banyak Rasa
  2. Bahan Utama
  3. Bahan Cream
  4. Cara Membuat
  5. Home Made Heavy Cream

Roti panggang merupakan menu sederhana yang banyak dipilih saat Moms butuh menu sarapan praktis. Selain karena cara pembuatannya tergolong singkat dan rasanya lezat, kandungan nutrisinya pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan (tergantung topping atau isian).

Walaupun begitu, kandungan utama dari roti panggang ini masih tetap karbohidrat. Kandungan ini bersumber dari roti putih yang Moms gunakan.

Bisa Dikreasikan jadi Banyak Rasa

Selain karena praktis alias muda dibuat, roti panggang pun bisa diolah menjadi berbagai varian rasa, dari mulai isi kacang, keju, stroberi dan lainnya. Bahkan kalau mau, Moms pun bisa membuat roti panggang isian nanas (bukan selai nanas).

Cara membuatnya mudah kok, berikut merupakan resep sederhana roti panggang nanas spesial untuk menu sarapan atau bekal sekolah Si Kecil.

Bahan Utama

  • 400 gram nanas, dicincang halus
  • 50 gram kacang almond, dipanggang dan dicincang kasar.
  • 8 lembar roti tawar
  • 1 sdm mentega
  • 4 sdm madu
  • ½ sdt kayu manis bubuk

Bahan Cream

  1. 100 ml heavy krim, dikocok kaku
  2. 8 lembar daun mint, dicincang halus
  3. 2 sdm gula bubuk

Semua bahan digabung dan diaduk hingga rata dan berbentuk pasta.

Cara Membuat

  1. Taburi potongan nanas dengan kayu manis, kemudian panggang di atas wajan datar anti lengket. Tunggu selama 1-2 menit atau hingga adonan layu. Angkat dan sisihkan.
  2. Panggang roti tawar hingga kedua sisinya berwarna kecokelatan, angkat dan tata sedemikian rupa agar mudah diberikan isian.
  3. Letakkan 4 lembar roti di atas piring saji, olesi dengan ½ sdt mentega, dan taburkan nanas cincang diatasnya. Lakukan hingga adonan habis!
  4. Tambahkan 1 sdm krim, 1 sdm madu, kacang almond cincang dan lainnya, tutup dengan roti panggang dan sajikan atau Moms bisa langsung mengemasnya ke dalam wadah bekal Si Kecil.

Home Made Heavy Cream

Heavy cream sendiri bisa Moms beli di toko kue. Tapi kalau ingin membuatnya sendiri, Moms hanya perlu menyiapkan bahan-bahan:

  • ¾ cangkir susu murni
  • 1/3 cangkir mentega.

Untuk membuatnya, pertama lelehkan mentega diatas api kecil. Setelah itu, masukkan mentega dan susu dalam mangkuk besar, kemudian aduk kedua adonan tersebut dengan menggunakan mixer hingga tekstur berubah menjadi krim kental. Selamat, homemade heavy cream pun sudah diap dipakai!

artikel terkait