Artikel Parenting

Bingung Cari Resep Camilan? Bikin Saja Kue Bolu Talas!

5
Bingung Cari Resep Camilan? Bikin Saja Kue Bolu Talas!

Artikel ini berisi tentang :

  1. Kue Bolu Talas, Sumber Karbohidrat Sehat
  2. Bahan Utama Kue Bolu Talas
  3. Cara Membuat Kue Bolu Talas
  4. Alternatif penyajian Kue Bolu Talas

Talas merupakan salah satu bahan makanan yang cukup melimpah di Indonesia. Biasanya, talas diolah dengan cara dikukus atau direbus. Selain itu, talas pun terkadang diolah jadi keripik, atau bahan makanan tradisional lainnya.

Kue Bolu Talas, Sumber Karbohidrat Sehat

Nah selain diolah dengan cara tradisional, talas pun bisa dibuat jadi olahan kue bolu talas. Rasanya tentu saja unik, dengan kandungan nutrisi yang cukup melimpah.

Talas sendiri merupakan sumber karbohidrat komplek yang baik untuk menjaga perut tetap kenyang lebih lama. Selain itu, talas pun mengandung vitamin, tinggi serat, vitamin, dan protein. Bahkan kandungan protein dalam talas jauh lebih tinggi ketimbang singkong dan ubi.

Selain itu, talas mengandung zat khusus yang bernama amilopektin. Zat inilah yang membuat talas memiliki tekstur pulen dan lengket seperti beras ketan. Selain itu, kandungan pati dalam talas pun sangat mudah dicerna, sehingga cocok dikonsumsi sebagai makanan pokok atau menu diet setelah sakit.

Bahan Utama Kue Bolu Talas :

  • 100 gram tepung terigu
  • 100 gram tepung talas
  • 100 gram butter cream
  • 150 gram gula pasir
  • 175 gram margarin
  • 50 gram susu bubuk
  • 10 gram parutan keju
  • 90 gram minyak goreng
  • 1 sdt pasta talas
  • 1s dt baking powder
  • 4 butir telur

Cara Membuat Kue Bolu Talas

  1. Tuangkan telur, gula dan baking powder dalam satu wadah, kemudian aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  2. Dalam wadah terpisah, campurkan tepung talas dan tepung terigu hingga tercampur rata, kemudian tuangkan sedikit-sedikit ke dalam adonan tadi sambil dikocok.
  3. Masukan margarin beserta minyak goreng kedalam adonan, aduk semua bahan hingga tercampur rata. Setelah itu, bagi dua adonan dan tempatkan dalam wadah terpisah,
  4. Pada adonan pertama, Mom bisa memberikan pewarna kuning, dan setengah adonan lagi bisa diberi warna pasta talas atau warna ungu.
  5. Siapakan loyang yang beralaskan kertas roti, kemudian oleskan sedikit margarin di setiap sisinya. Tunagkan adonan berwana kuning kedalam loyang, kemudian kukus selama 15 menit.
  6. Masukan adonan berwarna pasta talas (ungu) ke dalam adonan tadi, kemudian kukus kembali adonan selama 30 menit.
  7. Angkat adonan, kemudian olesi bagian atasnya dengan butter cream. Taburkan parutan keju di atasnya. Jika ingin lebih cantik, bisa juga ditambahkan potongan stoberi atau ceri.

Alternatif penyajian Kue Bolu Talas

Selain menggunakan parutan keju sebagai topping, Mom bisa menggunakan bahan lainnya seperti meses, kismis, atau bahan lainnya. Untuk pewarna, Mom bisa menggunakan warna apa saja. Bahkan kalau ingin lebih alami, Mom bisa memilih warna original dari talas.

Camilan ini bisa disajikan sebagai camilan di akhir pekan, atau bisa juga jadi sajian spesial saat pertemuan keluarga. Bagaimana Mom, ternyata mudah dan singkat bukan? Selamat berkreasi!

artikel terkait