Artikel Parenting

Seni Bisa Membuat Anak Lebih Cerdas

10
Seni Bisa Membuat Anak Lebih Cerdas

Moms, orang tua mana sih yang tidak bangga ketika anaknya mendapatkan penghargaan sebagai anak paling cerdas di kelasnya? Memiliki anak yang cerdas merupakan impian semua orang tua, tapi sayangnya tidak semua orang tua beruntung bisa mendapatkan anak yang cerdas. Faktor gizi, pelatihan dan faktor genetik merupakan salah satu faktor pendukung kecerdasan seorang anak.

Anak cerdas dengan seni

Mempelajari dunia seni tidak hanya efektif untuk menjadi media penyaluran bakat anak saja, tapi seni juga bisa membuat otak anak anda menjadi lebih cerdas. Bahkan berdasarkan banyak penelitian, telah berhasil membuktikan jika belajar seni akan mampu meningkatkan kecerdasan anak, meningkatkan mental dan lebih percaya diri ketimbang anak lainnya.

Menurut Eric Jensen, selaku peneliti sekaligus penulis buku yang berjudul Arts with the Brain in Mind, dalam bukunya menyatakan jika anak yang belajar seni, akan cenderung memiliki prestasi akademik yang jauh lebih baik ketimbang mereka yang tidak belajar seni. Mereka akan mampu menyimpan informasi lebih lama, sekaligus dapat mengembangkan keterampilan berpikir yang lebih kuat.

Bagaimana cara agar si kecil memiliki jiwa seni yang tinggi?

Supaya jiwa seni si kecil tumbuh dengan subur, terlebih dahulu Moms harus bisa membantu si kecil lebih mengenal seni. Salah satu caranya adalah, cobalah untuk menciptakan peralatan seni miliknya sendiri dengan cara mengisi wadah plastik dengan berbagai bahan seperti kertas origami, spidol, cat air, pensil warna, gunting, lem, stik prakarya ban kapas.

Setelah semua bahan tersebut, cobalah untuk mendorong si kecil agar berani untuk membuat sesuatu dari benda-benda tersebut. Biarkan mereka berkreasi sesuai dengan imajinasi dan minat mereka, kemudian berikan penghargaan berupa pujian untuk setiap karya seni yang mereka hasilkan. Untuk sementara, lupakan masalah hasil, sekarang fokuslah kepada cara untuk menumbuhkan jiwa seni tersebut.

Selain itu, Moms bisa mengarahkan si kecil untuk belajar melukis, membuat bangunan atau benda dari tanah liat, memasukan si kecil ke sekolah musik, dan lainnya. Dengan begitu si kecil akan mengenal seni sejak dini, dan sebagai bonusnya, kecerdasan si kecil pun akan meningkat tajam. Bagaimana, Moms sudah memilih ke mana si kecil akan di arahkan?

artikel terkait