Artikel Parenting

Perlukah Suplemen Vitamin untuk Si Kecil?

10
Perlukah Suplemen Vitamin untuk Si Kecil?

Moms, semakin menjamurnya produk suplemen yang diklaim mampu untuk meningkatkan kecerdasan anak, menjaga daya tahan tubuh, meningkatkan nafsu makan dan segudang manfaat lainnya, telah membuat banyak orang tua memberikan suplemen vitamin, tanpa tahu apakah si kecil benar-benar membutuhkannya atau tidak.

Padahal menurut sebuah artikel yang ditulis dalam situs kellymom.com, menyatakan jika suplemen vitamin tambahan sebenarnya bukan hal yang penting, terlebih ketika si kecil sejak kecil sudah diberikan ASI. Bahkan The American Academy of Pediatrics dalam jurnalnya dengan tajuk, Breastfeeding and The Use of Human Milk, menyatakan jika anak-anak sebenarnya tidak butuh suplemen.

Lebih lanjut lagi, dalam jurnal tersebut dinyatakan jika anak-anak yang diberikan konsumsi ASI eksklusif, sebenarnya tidak membutuhkan suplemen vitamin tambahan lainnya. Hanya saja, suplemen vitamin tersebut baru diberikan jika si kecil memang mengalami masalah kesehatan, atau dengan kata lain, suplemen vitamin tambahan ini hanya boleh diberikan untuk alasan medis saja.

Lantas, alasan apa medis apa saja yang mengindikasikan si kecil harus diberi vitamin tambahan?

Dalam keterangannya, Dr. Phan Oto S, SpA, selaku dokter Spesialis Anak dari Rumah Sakit Mitra Kemayoran Jakarta, menjelaskan jika bayi yang terlahir prematur, Anka yang mengalami pertumbuhan lambat, serta bayi dengan beberapa penyakit tertentu, biasanya menjadi daftar teratas anak yang harus diberikan suplemen vitamin tambahan.

Walaupun begitu, pemberian suplemen vitamin ini tidak boleh dilakukan asal-asalan. Semuanya harus sesuai dengan petunjuk dokter, dan sudah melewati beberapa tahap pemeriksaan. Terlalu bergantung kepada suplemen vitamin, justru malah akan membuat anak lebih rentan terhadap penyakit, ketika suplemen vitamin tersebut berhenti diberikan.

Sebenarnya ASI Saja Sudah Cukup

Lebih lanjut lagi, Dr. Phan Oto menyatakan jika ASI merupakan makanan terbaik untuk bayi. Dalam ASI, sudah terkandung berbagai nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh bayi. Hal inilah yang membuat banyak pakar kesehatan terus mendorong agar ibu baru melahirkan untuk memberikan ASI, minimalnya selama 6 bulan pertama sejak kelahiran, walaupun kini banyak produk susu dengan berbagai kelebihannya.

Bagaimana Moms, sekarang masih berani memberikan suplemen vitamin tambahan tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter?

artikel terkait