Artikel Parenting

Normalkah Si Kecil yang Banyak Makan?

5
Normalkah Si Kecil yang Banyak Makan?

Moms, terkadang kita akan khawatir kalau si kecil malas untuk di suruh makan. Kalaupun mau makan, pasti porsinya hanya sedikit, dan itu pun harus terus di bujuk agar mau makan. Alhasil, karena kasihkan kita pun memberikan si kecil suplemen penambah nafsu makan.

Tapi bagaimana kalau kebalikannya, nafsu makan si kecil begitu besar, bahkan seolah tidak terkendali. Dia selalu mengonsumsi makan dalam porsi besar. Bahkan si kecil akan terus melahap makanan yang ada, walaupun dirinya sudah terlihat kekenyangan. Apakah itu hal yang normal?

Tentu saja ini tidak normal, anak yang terbiasa makan dalam porsi besar justru berisiko mengalami kegemukan atau obesitas, sekaligus mengundang datangnya berbagai penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung, diabetes, dan berbagai penyakit lainnya.

Selain itu, anak yang mengalami obesitas biasanya akan menjadi bahan olok-olokan teman-temannya. Jika di biarkan, hal ini akan mengganggu kepercayaan dirinya. Akibatnya si kecil bisa stres, merasa tidak diterima dalam lingkungannya, dan pertumbuhan mentalnya pun akan terganggu.

Karena hal tersebut, jika si kecil sudah terlihat suka mengonsumsi makanan secara berlebih, mulai sekarang hentikan kebiasaan tersebut. Caranya? Seperti dilansir dalam The Stir, berdasarkan catatan Academy of Nutrition and Dietetics, berikut merupakan cara menghentikan kebiasaan makan berlebih pada anak-anak.

  • Mulailah dengan takaran kecil. Jika masih habis, berikan lagi hingga porsi normal untuk si kecil.
  • Sesuaikan porsi makan si kecil dengan usianya. Semakin bertambah usianya, semakin besar juga kebutuhan nutrisi si kecil.
  • Perhatikan kualitas makanannya. Si kecil tidak hanya butuh karbohidrat, tapi mereka juga butuh protein, zat besi, vitamin dan berbagai zat baiknya sebagai penunjang pertumbuhannya.
  • Coba lihat tanda si kecil sudah kenyang. Jangan dipaksakan untuk terus makan, walaupun anda menganggap porsi makan si kecil masih sedikit.
  • Alihkan perhatiannya jika si kecil masih ingin nambah, tapi porsi makanan yang dikonsumsinya sudah sesuai dengan apa yang dibutuhkannya.

Untuk itu, sebaiknya Moms jangan terlalu senang kalau si kecil suka makan. Lihat dulu bagaimana porsinya. Kalau sudah berlebih, mendingan hentikan ya!

artikel terkait