Artikel Parenting

Mendengarkan Pendapat Anak Adalah Hal Kecil Berarti Besar

4
Mendengarkan Pendapat Anak Adalah Hal Kecil Berarti Besar

Dads, menghadapi anak yang sedang tumbuh menuju remaja merupakan tantangan tersendiri untuk kebanyakan orang tua, di sini anda di tuntut untuk mengetahui bagaimana dunia remaja dan mengetahui bagaimana perkembangannya, untuk kemudian menerapkan aturan dalam keluarga.

Ingat Dads, masa remaja anda dulu tidak bisa di samakan dengan masa remaja anak-anak sekarang. Kebanyakan anak-anak sekarang lebih banyak dibesarkan oleh teknologi dan media sosial. Di sinilah peran anda sebagai orang tua untuk bisa menjadi filter, sekaligus pelindung bagi mereka.

Bagaimana pola asuh untuk anak remaja yang dibesarkan oleh teknologi dan sosial media?

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah, mempelajari bagaimana dunia mereka dengan cara banyak melakukan komunikasi dengan mereka. Ajak mereka untuk bicara, suruh mereka memperkenalkan dunianya, tanpa memperlihatkan niat anda untuk memata-matai.

Jadilah pendengar yang baik seolah anda ingin banyak belajar kepadanya, dan tidak mengetahui banyak hal tentang dunia mereka. Dengan begitu, mereka tidak akan menganggap anda sebagai orang tua yang kolot, tapi orang tua yang sedang berusaha menjadikan anaknya sebagai teman.

Bagaimana menghalau anak remaja dari sisi negatif teknologi dan sosial media?

Seperti dijelaskan di atas, untuk mengetahui bagaimana dunia remaja sekarang, anda harus terjun ke dalam dunia mereka. Setelah itu, baru anda bisa menentukan apa saja yang bahaya dari dunia Anka remaja sekarang. Misalnya saja, tanya apa pendapat merek tentang Free seks dan gaya berpacaran yang sehat ala remaja modern.

Dengan mendengarkan pendapat mereka, secara tidak langsung anda bisa menyimpulkan, apakah ada kemungkinan mereka terjun ke dalam dunia hitam anak remaja modern, atau justru anak anda termasuk dalam kategori aman.

Apa manfaat mendengarkan pendapat anak remaja?

Banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dari mendengarkan pendapat mereka tentang kehidupan remaja modern, salah satunya adalah, anda bisa mengetahui perkembangan dan pola pikir anak remaja kebanyakan, bisa lebih mudah memantau mereka tanpa harus terlihat memata-matai, mereka akan jauh lebih terbuka dan menghormati sosok anda sebagai ayah yang penuh pengertian dan kasih sayang.

Bagaimana Dads, sudah siap menjadi sosok ayah modern?

artikel terkait