Artikel Parenting

Karakter Ini Bisa Ditiru Si Kecil dari Pemimpin Dunia!

23
Karakter Ini Bisa Ditiru Si Kecil dari Pemimpin Dunia!

Artikel ini berisi tentang :

  1. Karakter Lebih Utama dari Prestasi
  2. Kenapa Harus Para Pemimpin Dunia?
  3. Karakter yang Bisa Ditiru dari Pemimpin Dunia
  4. Moms dan Dads Juga Wajib Memberi Contoh

Tidak harus dilakukan di sekolah dan lewat buku saja, Si Kecil pun bisa melihat dan belajar tentang karakter dari para pemimpin dunia. Contoh sederhana adalah Presiden Jokowi yang dikenal dengan sikapnya yang sangat sederhana, rendah diri dan dekat dengan rakyat.

Karakter Lebih Utama dari Prestasi

Jiwa kepemimpinan pada Si Kecil bisa melatih rasa tanggung jawab, disiplindan ketekunan. Sayang, masih banyak orangtua dan guru yang lebih mementingkan prestasi akademik ketimbang pelajaran sikap. (Bill McIntyre, Director of International Education Practice Franklin Covey)

Menurut Bill, pengembangan karakter dan jiwa kepemimpinan merupakan hal yang sangat utama untuk memupuk tanggung jawab, dimana saat Si Kecil berhasil mengembangkan karakter positifnya, otomatis prestasi pun akan lebih mudah diraih.

Dengan kata lain, karakter jauh lebih utama ketimbang prestasi. Alasannya, karakter mampu membawa Si Kecil lebih berprestasi, sementara prestasi belum tentu mampu membawa karakter positif pada mereka.

Kenapa Harus Para Pemimpin Dunia?

Si Kecil merupakan calon pemimpin di masa depannya. Inilah alasan kenapa Moms wajib mempersiapkan mereka untuk menjadi pemimpin di masa depan dengan cara menanamkan karakter yang dibutuhkan seorang pemimpin besar. (Pakar Psikologi Anak Rini Hildayani).

Perlu diingat Moms, yang dimaksud calon pemimpin di masa depan ini bukan hanya tentang cita-cita jadi Presiden dan lainnya, tapi setidaknya mereka harus mampu menjadi pemimpin untuk lingkungannya, keluarga atau yang terkecil, harus mampu memimpin dirinya sendiri.

Karakter yang Bisa Ditiru dari Pemimpin Dunia

Ada banyak karakter yang bisa ditiru dari para pemimpin dunia. Tapi sebagai landasan utama, Moms setidaknya harus menanamkan beberapa karakter berikut ini.

Rendah Hati

Untuk karakter rendah hati, Moms sepertinya bisa mengambil Presiden Jokowi sebagai role model Si Kecil. Hal ini kerap diperlihatkan Presiden Jokowi dengan beberapa sikapnya yang mulia, seperti tidak pernah terlihat bicara sinis, selalu membungkuk bila bertemu orang yang lebih tua sebagai bentuk rasa hormat.

Selain itu, bukti sikap rendah diri Presiden Jokowi diperlihatkan ketika dia tidak segan untuk berbaur dan berdekatan dengan masyarakatnya. Bahkan karena sikapnya ini, konon sering bikin parno Paspampres lho!

Dengan mengacu kepada Presiden Jokowi, Moms bisa mengajarkan Si Kecil untuk tidak sombong, selalu rendah hati, tidak pilih-pilih teman dan dorong dia untuk berbaur dengan teman-temannya. Bilang saja “Presiden Jokowi saja mau berteman dengan siapa saja, masa adek masih pilih-pilih teman?”

Pekerja Keras

Untuk sikap pekerja keras, sepertinya sosok Ibu Sri Mulyani bisa dijadikan teladan. Menteri Keuangan Republik Indonesia dalam Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo ini sebelumnya dikenal sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia.

Menariknya, beliau merupakan wanita sekaligus orang Indonesia pertama yang sukses menduduki posisi tersebut. Tentu saja pencapaian luar biasa ini hasil dari kerja keras yang dia lakukan selama ini.

Untuk pengaplikasiannya, Moms bisa mengajarkan nilai positif tentang kerja keras dengan cara, meminta Si Kecil untuk tidak gampang menyerah saat merasa kesulitan, dan biasakan Si Kecil tidak mengatakan, “Tidak bisa”, “Takut salah”, dan kata-kata lainnya yang bernada pesimis, sebelum mencobanya.

Jujur

Jujur merupakan salah satu sikap seorang pemimpin yang paling sulit dicari. Untuk menanamkan sikap ini, Moms harus melatihnya sejak dini.

Untuk sikap ini, ada beberapa tokoh yang dipuji karena kejujurannya, seperti Jendral Hoegeng Imam Santoso dan Bung Hatta. Bahkan saking jujurnya, konon katanya Bung Hatta hanya punya tabungan sebesar 200 Rupiah setelah mundur dari Wakil Presiden.

Saat Si Kecil berbohong atau bertindak tidak jujur, Moms bisa menarik nama Bung Hatta atau Jendral Hoegeng Imam Santoso dengan keberaniannya selalu bertindak jujur.

Berani dan Tanggung Jawab

Jika mencari siapa sosok paling berani dan konsisten melakukan tugas sebagai pemimpin, sepertinya Moms bisa mengambil contoh dari sikap Menteri Susi Pudjiastuti.

Setelah diberi wewenang untuk memimpin Departemen Kelautan dan Perikanan Indonesia oleh Presiden Jokowi, dia langsung bekerja secara total dengan beberapa kebijakan yang paling terkenal adalah, Tenggelamkan Kapal Pencuri Ikan.

Saat Si Kecil melakukan kesalahan, dorong dia untuk berani dan bertanggung jawab seperti layaknya Ibu Susi. Contoh sederhana, Saat Si Kecil membuat temannya menangis, dorong dia untuk berani meminta maaf, dan bertanngung jawab dengan mengakui kesalahannya.

Moms dan Dads Juga Wajib Memberi Contoh

Agar Si Kecil bisa meniru karakter-karakter tokoh dunia di atas, Moms dan Dads juga harus memberi contoh langsung di rumah. Suka tidak suka, sikap dan perilaku Moms dan Dads-lah yang akan ditiru oleh Si Kecil.

Karena itulah, Moms dan Dads juga wajib memberi contoh langsung kepada Si Kecil bagaimana karakter-karakter baik dari pemimpin dunia tersebut. Selamat mencoba Moms!

artikel terkait