Artikel Parenting

Dads Adalah Sosok Komunikator yang Baik

7
Dads Adalah Sosok Komunikator yang Baik

Dads, karena kebanyakan pria cenderung kaku dalam hal komunikasi, banyak anak yang akhirnya lebih dekat dengan ibunya, ketimbang ayahnya. Mereka pun cenderung terbuka dengan berbagai hal, dari mulai masalah pribadi, masalah pertemanan dan berbagai masalah lainnya yang mereka hadapi.

Apakah ada cara agar anak-anak bisa lebih dekat dengan ayahnya?

Temu saja ada, salah satunya adalah, Dads harus bisa menjelma menjadi sosok ayah yang pintar berkomunikasi dengan cara, berusaha meluangkan waktu untuk sekedar berbincang-bincang dengan sang anak, tidak hanya di akhir pekan saja, tapi ketika hari-hari biasa di sela waktu senggang, dengan memperhatikan beberapa poin berikut ini.

Do's:

Perhatikan Bahasa Tubuh Mereka

Seorang ayah yang hebat adalah mereka yang mampu memahami bahasa tubuh anaknya. Hal tersebut karena, untuk mengenali bahasa tubuh anak-anak merupakan hal yang sulit, anda harus memperhatikan mereka, sering mengajaknya berbicara dan lainnya. Dengan mengenali bahasa tubuh mereka, maka komunikasi yang anda bangun pun akan lebih efektif.

Selalu Ada untuk Anak

Dalam situasi apapun, sebagai ayah anda harus terus berada di sisinya. Misalnya saja, ketika mereka membutuhkan anda untuk memberikan saran, segera tinggalkan pekerjaan anda, dan luangkan waktu walaupun hanya untuk sekedar mendengarkan keluh kesahnya.

Tegaskan Secara Verbal

Tidak peduli anak laki-laki ataupun perempuan, ketegasan perlu di ajarkan sejak dini, dengan catatan ketegasan ini hanya dilakukan secara verbal, bukan secara kekerasan atau ekspresi wajah. Dengan mengajarkan ketegasan secara dini, Anak-anak akan tahu mana yang boleh dilakukannya, dan belajar bertanggung jawab dengan apa yang dilakukannya.

Don'ts:

Jangan Menghakimi

Ketika berbicara dengan si kecil, satu hal yang harus anda lakukan adalah, jangan pernah menempatkan anak-anak sebagai pihak yang bersalah, dan anda sebagai hakimnya. Buatlah suasana yang nyaman dan dengarkan segala alasan kenapa dia melanggar aturan.

Hindari Kata-kata Negatif

Jangan pernah menegur anak-anak dengan kalimat negatif, seperti : kamu itu bodoh sekali, dasar pemalas dan kata-kata negatif lainnya. Menurut Psikolog John Gottman, komunikasi positif akan menempatkan anda sebagai orang tua tegas, tapi tetap dihormati anak-anak, bukan ditakuti.

Bagaimana Dads, sudah siap menjadi ayah idaman yang pintar berkomunikasi?

artikel terkait