Artikel Parenting

Ajak Anak Untuk Membuat Camilan Sehatnya Sendiri

10
Ajak Anak Untuk Membuat Camilan Sehatnya Sendiri

Moms, sebenarnya mengajak anak-anak masak itu tidak harus kepada anak perempuan saja, anak laki-laki pun boleh di latih untuk memasak, hal ini dilakukan untuk membuat si kecil semakin bersemangat ketika makna makan, dan mengajarkan si kecil untuk lebih menghargai makanan.

Nah, jika akhir pekan ini Moms dan Dads tidak punya kegiatan untuk main keluar bersama si kecil, mendingan kita ajak yuk si kecil untuk belajar membuat camilan sehatnya sendiri. Caranya?

Persiapan

Persiapkan bahan yang akan Moms jadikan sebagai bahan pembuat camilan sehat. Untuk awal, Moms bisa mengajak si kecil membuat Pop Corn, agar-agar atau makanan lainnya. Untuk jenis makanannya sendiri, Moms bisa menyesuaikan sesuai momen atau yang disukai si kecil.

Persiapkan bahan

Ketika sudah diputuskan akan membuat apa, langsung ajak si kecil berbelanja segala kebutuhan untuk membuat camilan sehat tersebut. Dengan melibatkan si kecil dalam kegiatan ini, diharapkan si kecil akan lebih menghargai proses terbentuknya sebuah makanan.

Mulai mengolah

Ketika sudah mulai mengolah, berikan si kecil tugas khusus. Misalnya mencuci sayuran, membersihkan jagung, atau melakukan hal lainnya yang sekiranya bisa dilakukan oleh si kecil. Jangan takut pakaiannya kotor, bagaimanapun juga ini merupakan bagian dari proses pendidikan.

Ajarkan disiplin

Ketika camilan tersebut satu per satu selesai di buat, jangan biarkan si kecil memakannya langsung di sana. Beri pengertian kalau camilan ini akan di santap secara bersama-sama, dan minta si kecil untuk sedikit menahan diri. Tanamkan kebiasaan untuk disiplin, dan menghargai proses.

Ketika camilan ini selesai di buat dan sudah disajikan, makan camilan tersebut secara bersama-sama sambil tanamkan beberapa pelajaran berharga mengenai masakan dan kenapa makanan itu harus dihabiskan. Jika memang si kecil tertarik, janjikan si kecil untuk melakukan kegiatan ini Minggu depan.

Sudah terbayang menyenangkan banget ya Moms? Punya pengalaman membuat camilan atau melibatkan si kecil dalam acara memasak? Sharing dong pengalaman uniknya dalam kolom komentar di bawah ini!

artikel terkait