Artikel Parenting

Penuhi Kebutuhan Makanan Sehat Pendamping ASI Moms

24
Penuhi Kebutuhan Makanan Sehat Pendamping ASI Moms

Pasca menjalani kehamilan selama 9 bulan, seorang wanita masih akan dihadapkan dengan kewajiban lainnya, yakni memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan. Tentu saja ini bukan tugas yang mudah, di sini Dads sebagai suami wajib mendukung dengan cara menyediakan semua kebutuhan Moms selama menyusui.

Salah satu hal yang dibutuhkan Moms selama masa menyusui adalah, tersedianya makanan bergizi sebagai penunjang produksi ASI. Menurut Leah Keller, seorang ahli kebugaran pra dan pasca kelahiran, seperti dilansir dalam Fox News, berikut makanan yang direkomendasikan untuk Ibu menyusui.

Telur

Telur merupakan sumber protein yang murah dan mudah didapatkan. Tidak heran kalau telur menjadi salah satu sumber protein wajib konsumsi bagi Moms yang sedang menyusui. Dengan pengolahan yang tepat (di rebus), telur di jamin tidak akan membuat kandungan kolesterol dalam darah anda melonjak naik.

Kacang

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, menyatakan jika 9 persen Moms mengalami masalah anemia pasca melahirkan. Masalah ini diyakini tidak akan terjadi kalau seandainya mereka mau mengonsumsi kacang-kacangan, seperti buncis, kacang tanah dan lainnya.

Susu rendah lemak

Susu merupakan bahan makanan yang sempurna, di mana kandungan di dalamnya sudah mampu memenuhi kebutuhan nutrisi harian kita. Untuk itu, usahakan Moms mengonsumsi susu setiap hari. minimalnya 2 gelas per hari. Selain itu, susu juga dipercaya mampu meningkatkan kualitas ASI Moms.

Sayuran hijau

Sayuran hijau menjadi menu wajib ibu hamil, karena sayuran hijau seperti bayam, kangkung, brokoli dan lainnya, banyak sekali mengandung vitamin A. Tidak hanya itu, sayuran hijau pun mampu meningkatkan daya ingat, mengandung zat besi, antioksidan dan lainnya yang baik untuk membantu meningkatkan kualitas ASI dan menjaga kesehatan tubuh.

Salmon

Tidak hanya mampu menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh saja, Salmon pun mengandung Asam Amino dan Omega 3 yang sangat baik untuk memaksimalkan perkembangan otak sang buah hati. Untuk itu, sebaiknya masukan ikan salmon ini ke dalam konsumsi harian Moms.

Dengan beberapa makanan di atas, diharapkan tidak hanya kebutuhan nutrisi saja yang mampu dipenuhi dengan baik, tapi makanan tersebut mampu meningkatkan tumbuh kembang si kecil. Nah Dads, mulai sekarang yuk kita dorong Moms untuk mengonsumsi makanan-makanan di atas.

artikel terkait