Artikel Parenting

Pahami Pentingnya ASI Ekslusif bagi Masa Depan Anak

21
Pahami Pentingnya ASI Ekslusif bagi Masa Depan Anak

ASI eksklusif merupakan jawaban sempurna atau kebutuhan nutrisi harian bayi. Dengan ASI eksklusif, si kecil akan mendapatkan nutrisi yang lengkap dan penuh gizi. Tidak hanya itu, ASI juga sangat mudah dicerna oleh lambung si kecil sehingga tidak akan menimbulkan masalah pencernaan.

Selain itu, dalam ASI terkandung probiotik yang menjadi salah satu faktor penting pembentukan mikroflora dalam saluran pencernaan bayi. ASI juga dikenal memiliki memiliki efek bifidogenik, yakni sebuah kondisi yang mampu membuat bakteri baik tumbuh dengan subur.

Seorang bayi kebutuhan bifidobakteria terpenuhi secara penuh, dia akan menjelma menjadi anak yang kuat serta tahan dengan serangan berbagai penyakit. Tidak hanya itu, pertumbuhan si kecil pun akan lebih maksimal, terutama pertumbuhan motorik halus dan kasarnya.

Investasi masa depan

Disadari atau tidak, memberikan ASI eksklusif, sama dengan berinvestasi untuk masa depan si kecil. Bagaimana tidak, berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris, menemukan fakta jika anak yang diberikan ASI eksklusif, dia akan tumbuh dengan pesat dengan poin kesehatan terbaik.

Tidak hanya itu, anak yang terbiasa mengonsumsi ASI, terbukti memiliki intelegensi yang lebih kuat ketimbang anak yang tumbuh dengan susu formula. Mereka juga memiliki rasa empati yang lebih besar, serta mampu tumbuh sebagai anak yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

Dengan kata lain, memberikan ASI eksklusif kepada si kecil, sama dengan membekali si kecil dengan investasi super mahal demi masa depan si kecil nantinya. Untuk itu, kini tidak ada alasan lagi untuk tidak memberikan ASI kepada si kecil.

Kalau Moms adalah wanita karier, berikan ASI dengan teknik perah, jika produksi ASI terhambat, Moms bisa melakukan beberapa langkah, dari mulai pemijatan, menggunakan ramuan tradisional, sampai dengan menggunakan obat-obatan.

Semua solusi tersebut kembali membuktikan jika ASI merupakan makanan terbaik, dan merupakan hak anak yang terlahir ke dunia. Bagaimana menurut Dads, setujukah Dads jika ASI disebut sebagai investasi masa depan untuk si kecil? Sharing yuk di sini!

artikel terkait