Artikel Parenting

Pahami Kebutuhan Air saat Ibu Menyusui

99
Pahami Kebutuhan Air saat Ibu Menyusui

Dads, manusia normal saja membutuhkan banyak asupan air setiap hari, apalagi wanita menyusui yang setiap saat cairannya di sedot oleh anaknya. Secara kasar, hal ini tentu saja benar adanya, karena terus menerus disedot oleh anaknya, wanita menyusui wajib mendapatkan asupan cairan lebih banyak dengan kandungan gizi yang seimbang.

Lantas, berapa normalnya kebutuhan cairan yang dibutuhkan oleh wanita menyusui?

Lewat sebuah penelitian, The Institute of Medicine menyatakan jika konsumsi air yang dibutuhkan oleh wanita menyusui, setidaknya harus terpenuhi sebanyak 3,1 liter atau setara dengan 13 gelas/hari. Karena itulah para peneliti menyatakan jika wanita menyusui harus terus didorong untuk bisa mendapatkan asupan cairan minum yang cukup.

Dalam kesempatan tersebut, salah satu perwakilan dari peneliti tersebut memberikan saran dengan menggunakan metode, segelas setelah makan, dan segelas setiap kali selesai menyusui. Hal ini dilakukan supaya wanita menyusui tidak lupa dengan jumlah kuota minimal air yang harus dikonsumsi setiap harinya.

Selain itu, perlu diingat jika cairan yang dibutuhkan oleh tubuh ini tidak harus bersumber dari air putih saja, karena selain air putih, ternyata beberapa makanan yang dikonsumsi pun diketahui mengandung sebanyak 20 persen cairan dari keseluruhan asupan cairan tubuh, sedangkan untuk sisanya sendiri, barulah Moms penuhi lewat air putih secara langsung.

Tidak hanya itu, sangat dianjurkan untuk minum sebelum Moms benar-benar merasa haus. Hal tersebut kena ketika Moms merasa haus, secara otomatis tubuh justru sudah mengalami hipovelemia ringan. Dengan kata lain, ibu hamil harus minum bukan karena haus, tapi karena ini memang kebutuhan.

Demi terpenuhi kebutuhan asupan cairan ini, sangat disarankan untuk Dads supaya terlibat langsung dalam upaya ini. Jangan ragu untuk selalu mengingatkan jika Dads melihat Moms belum minum cukup hari ini. sebagai tambahan, Dads pun bisa memberikan beberapa jenis buah-buahan yang sangat baik untuk menambah jumlah asupan cairan tubuh, seperti air kelapa, tomat, jeruk dan lainnya.

Nah, bagaimana Dads, Dads sudah siap membantu Moms untuk bisa memenuhi kebutuhan cairan hariannya?

artikel terkait