Artikel Parenting

Nyeri Kram Kaki Saat Hamil? Begini Cara Mengatasinya!

26
Nyeri Kram Kaki Saat Hamil? Begini Cara Mengatasinya!

Artikel ini berisi tentang:

  1. Apa Penyebab Nyeri Kram Kaki Saat Hamil?
  2. Faktor Penyebab Lain Nyeri Kram Kaki Saat Hamil
  3. Cara Mengatasi Nyeri Kaki Saat Hamil
  4. Rajin Olahraga Selama Hamil!

Pernahkan Moms mengalami nyeri kram kaki saat hamil? Mungkin cukup sering ya Moms karena kondisi kesehatan tersebut memang menjadi salah satu masalah utama bagi para wanita hamil. Ada yang hanya merasakan pegal-pegal ringan saja, namun juga ada yang cukup parah.

Tidak hanya kaki saja merasa nyeri tetapi seluruh tubuh pun ikut merasakannya. Jadi badan lebih cepat lelah, lemas, malas beraktivitas, dan membuat mood berantakan. Rasanya gangguan saat kehamilan ini dialami oleh seluruh ibu hamil dan sudah jadi makanan sehari-hari.

Apa Penyebab Nyeri Kram Kaki Saat Hamil?

Nyeri kram kaki saat hamil yang sering Moms dan para ibu hamil lain rasakan bisa disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya dan yang paling utama adalah karena kelelahan menopang berat tubuh sendiri yang makin hari makin bertambah.

Hal ini tidaklah mengherankan, mengingat Moms telah mengandung calon bayi di dalam perut. Jadi, Moms tidak hanya menopang berat badan sendiri saja melainkan juga Si Kecil yang masih di dalam kandungan. Setiap bulan ukuran perut dan bobotnya pun bertambah besar sehingga beban yang ditopang oleh kedua kaki kian berat.

Ditambah lagi apabila Moms mengalami kenaikan berat badan berlebih selama masa kehamilan tersebut sehingga badan menjadi gemuk. Hal ini membuat tubuh lebih cepat kelelahan ketika beraktivitas, seperti berjalan, berdiri terlalu lama, dan sebagainya.

Faktor Penyebab Lain Nyeri Kram Kaki Saat Hamil

Selain karena beban tubuh yang ditopang semakin berat, ada pula beberapa faktor lain menyebabkan nyeri kram kaki saat hamil.

  1. Moms terlalu kelelahan sehingga mengakibatkan tubuh lemah dan kaki terasa pegal serta nyeri. Bahkan biasanya muncul ruam-ruam berwarna biru di sekitar betis atau paha. Kondisi tersebut terjadi ketika Moms terlalu sering melakukan aktivitas berat seperti membersihkan rumah, bekerja hingga sore, terlalu lama berdiri, berjalan, dan sebagainya.
  2. Pikiran yang stress dan tertekan ternyata juga memicu kondisi dimana kaki Moms cepat merasa nyeri.
  3. Kekurangan asupan gizi dan nutrisi juga menjadi faktor yang sangat mempengaruhi kondisi tersebut. Nutrisi yang tidak tercukupi akan membuat tubuh cepat lemas dan capek sehingga Moms tidak kuat jika berdiri terlalu lama. Baiknya, Moms konsumsi makanan bergizi seperti sayur, buah, susu, daging merah, hati ayam, ikan laut, dan bahan yang kaya akan zat kalsium.

Cara Mengatasi Nyeri Kaki Saat Hamil

Adapun beberapa cara dan solusi mengatasi rasa nyeri kram kaki saat hamil adalah sebagai berikut ini!

  1. Istirahat yang Cukup

Usahakan jam istirahat Moms cukup agar badan senantiasa merasa fresh, segar dan bugar. Jangan pula sering begadang saat malam hari karena bisa mempengaruhi kesehatan fisik.

  1. Rendam Kaki dengan Air Hangat

Cara yang satu ini sering digunakan sebagian besar ibu hamil karena dipercaya bisa meredakan rasa nyeri kaki selama masa hamil. Hal tersebut memang betul karena air hangat bisa melancarkan peredaran darah dan mengendorkan otot-otot kaki yang tegang. Jadi Moms akan merasa lebih rileks dan nyaman ketika merendam kaki di dalam air hangat. Bisa juga menambahkan bahan-bahan alami dan tradisional ke dalam rendaman, seperti daun sereh, jahe, garam dapur, irisan lemon, dan sebagainya.

  1. Pijatan Lembut

Pijatan lembut pada kaki bisa membuat kaki merasa lebih nyaman dan mengurangi rasa nyerinya. Aliran darah juga menjadi lancar serta otot dapat lebih rileks. Moms bisa menggunakan minyak urut atau yang alami seperti olive oil, minyak kelapa, chamomile, dan lain-lain.

  1. Makan Makanan Bergizi dan Kaya Kalsium

Moms juga wajib menjaga pola makan serta asupan gizi di dalam makanan tersebut. Tak hanya sayuran dan buah saja yang dikonsumsi namun juga bahan makanan dengan kandungan tinggi kalsium. Kalsium sendiri sangat bagus untuk pertumbuhan dan kesehatan tulang. Dengan begitu tulang Moms akan lebih kuat dan tidak mudah pegal ataupun nyeri selama kehamilan.

Rajin Olahraga Selama Hamil!

Ada cara yang juga ampuh mengurangi nyeri kram kaki saat hamil yaitu dengan rajin olahraga secara teratur. Jangan percaya pada mitos yang melarang wanita hamil bergerak dan berolahraga karena anggapan tersebut salah besar.

Bahkan para ahli kesehatan dan kandungan sangat menyarankan ibu hamil rutin bergerak agar kesehatan fisik dan janin tetap terjaga. Dengan olahraga maka aliran darah di tubuh menjadi lebih lancar, otot tidak kaku, tulang menjadi lebih sehat dan juga kuat. Jenis olahraga yang dapat Moms lakukan selama hamil antara lain senam yoga, jalan santai, stretching, atau berenang.

Nah itulah tadi beberapa tips mengatasi rasa nyeri kram kaki saat hamil yang mudah dilakukan bahkan tidak memerlukan biaya mahal. Gangguan kehamilan tersebut memang sepertinya sepele, namun jika dibiarkan bisa parah dan mengganggu kesehatan tubuh.

Oleh sebab itu, Moms harus senantiasa mengatur pola hidup sehat selama masa hamil seperti konsumsi makanan penuh gizi dan kalsium serta rajin olahraga ringan.

artikel terkait