Artikel Parenting

Morning Sickness dan Cara Mengatasinya

24
Morning Sickness dan Cara Mengatasinya

Peningkatan hormon selama masa kehamilan akan menyebabkan banyak gangguan pada kehamilan Moms, diantaranya adalah morning sickness. Gejala ini akan muncul karena sistem tubuh yang menolak kedatangan janin dalam kandungan Moms sehingga tubuh akan melakukan reaksi perlawanan dengan berbagai cara, diantaranya adalah gejala muntah-muntah di pagi hari, pusing dan lainnya.

Walaupun kondisi ini tidak berbahaya, tetapi kondisi ini akan sangat mengganggu, terutama kepada laju pertumbuhan berat badan Moms yang melambat dan terganggunya aktifitas sehari-hari. Pada beberapa kasus, morning sickness ini bahkan bisa terjadi sepanjang hari, dan akan sangat melelahkan.

Cara Mengatasi Morning sickness

Seperti disebutkan diatas, walaupun kondisi ini tidak berbahaya, tetapi morning sickness ini sangat mengganggu sehingga perlu penangan yang serius untuk ini. Jika morning sickness ini dirasa berlebihan dan bahkan sampai terjadi sepanjang hari, maka sebaiknya Moms segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih jauh.

Tapi jika kondisi morning sickness ini masih dalam tahap yang wajar, maka Moms bisa melakukan beberapa cara dibawah ini untuk mengatasinya.

1. Makan dengan porsi kecil

Kondisi morning sicness ini akan sedikit banyak mempengaruhi selera makan Moms, jika Moms terus membiarkan kondisi ini, maka perkembangan janin dalam kandungan Moms akan terganggu. Untuk itulah Moms harus tetap makan. Caranya dengan makan secara perlahan dalam porsi yang kecil dan melakukannnya sesering mungkin. Jangan lupa untuk banyak minum air putih atau kalau bisa Moms rutin meminum air kelapa muda supaya cairan yang terbuang karena muntah bisa segera tergantikan.

2. Istirahat setelah bangun tidur

Ketika bangun pagi, Moms jangan langsung turun dari tempat tidur Moms, sebaiknya Moms rebahan beberapa menit kemudian duduk seperti posisi yoga dan setelah itu Moms bisa bangun secara perlahan. Selain itu, setelah bangun tidur Moms bisa mengkonsumsi beberapa potong biskuit gandum sebagai sarapan pembuka, dan setelah beberapa saat maka Moms bisa sarapan dengan porsi yang kecil dan lakukan cara makan pada point pertama.

3. Menghindari makanan pedas dan berlemak.

Makanan pedas merupakan makanan yang paling banyak dikonsumsi wanita. Tapi selama masa kehamilan sebaiknya Moms menjauhi makan pedas dan berlemak, mengingat selama masa kehamilan ini Moms sangat memerlukan makanan yang penuh nutrisi.

artikel terkait