Artikel Parenting

Minum Air Kelapa Muda Selama Hamil Bikin Rambut Si Kecil Tebal. Benarkah?

0
Minum Air Kelapa Muda Selama Hamil Bikin Rambut Si Kecil Tebal. Benarkah?

Artikel ini berisi tentang:

  1. Tidak Ada Hubungan Antara Rambut Dan Kelapa Muda
  2. Bagaimana Agar Rambut Si Kecil Lebih Tebal dan Indah?
  3. Manfaat Lain dari Kelapa Muda
  4. Tetap Butuh Asupan Nutrisi Lainnya

 

Diantara sekian banyak mitos yang beredar terkait ibu hamil, banyak yang percaya jika konsumsi air kelapa muda selama masa kehamilan akan membuat rambut Si Kecil jadi tebal dan lebat. Benarkah?

Tidak Ada Hubungan Antara Rambut Dan Kelapa Muda

Anggapan kelapa muda akan membuat rambut Si Kecil lebih tebal dan lebat merupakan hal yang kurang tepat. Pasalnya, tebal dan lebatnya rambut ditentukan oleh banyak faktor, terutama faktor genetik dan lingkungan. ( oleh dr Margaretha Komalasari SpA dari Brawijaya Women & Children Hospital).

Selain itu, rambut Si Kecil yang dibawa saat lahir, kemungkinan akan berubah. Hal ini karena rambut yang dibawa saat lahir akan rontok ( meskipun tidak dicukur) dan diganti dengan rambut permanen. Proses ini biasanya berjalan lambat dan tanpa disadari Mom ataupun Si Kecil.

Bagaimana Agar Rambut Si Kecil Lebih Tebal dan Indah?

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah, bagaimana rambut Mom, Dad dan anggota keluarga lainnya. Jika mereka memiliki rambut tebal dan lebat, kemungkinan Si Kecil akan mendapatkan rambut tebal dan lebat terbuka lebar, apalagi jika upaya ini dimaksimalkan dengan konsumsi makanan bergizi.

Dalam hal ini, dr Margaretha menyarankan agar Mom banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin E, protein dan kalsium. Selain itu, perbanyak juga konsumsi alpukat, yang mengandung lemak tak jenuh dan nutrisi lainnya, yang penting untuk menunjang pertumbuhan rambut.

Beberapa minyak tradisional, seperti urang-aring dan minyak kemiri, bisa dijadikan solusi untuk merawat rambut dari luar. Minyak ini pun cenderung aman, bahkan bisa diberikan sejak Si Kecil masih bayi. Dengan syarat, tidak berlebihan dan proses pembuatannya dijamin bersih.

Manfaat Lain dari Kelapa Muda

Tenang Mom, air kelapa muda masih tetap bermanfaat kok bagi Ibu hamil, terutama untuk menghindarkan Mom dari dehidrasi. Hal ini karena air kelapa mengandung sejumlah cairan elektrolit yang mudah diserap tubuh. ( oleh Dr dr Inge Permadhi, MS, SpGK, dokter spesialis Gizi Klinik dari Siloam Hospitals, Jakarta).

Selain itu, masih ada beberapa manfaat lagi yang bisa Mom dapatkan dari rutin mengonsumsi air kelapa muda selama masa kehamilan.

  1. Meningkatkan stamina, mengatasi stres dan menjaga fokus tetap terjaga. Hal ini terkait dengan kandungan elektrolit dalam air kelapa yang mudah diserap tubuh.
  2. Mencegah sembelit, salah satu masalah yang kerap menyerang Ibu hamil.
  3. Mengatasi diare. Bahkan penelitian membuktikan jika osmolaritas air kelapa lebih besar ketimbang ORS (Oral Rehydration Therapy) yang direkomendasikan WHO.
  4. Menurunkan risiko mual dan sakit perut yang umumnya dirasakan banyak Ibu hamil setelah berolahraga dan minum air putih. (oleh sports nutritionist Nancy Clark, MS, RD, CSSD).
  5. Mampu meningkatkan fungsi ginjal dan mencegah risiko infeksi saluran kemih. Selain itu, kandungan kalium dalam air kelapa efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain itu, Mom disarankan mengonsumsi air kelapa muda karena di dalamnya terkandung vitamin C, magnesium, protein, dan kalium, yang efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh, melancarkan peredaran darah dan mencegah diabetes gestasional.

Mom Tetap Butuh Asupan Nutrisi Lainnya

Meskipun kaya akan nutrisi, Mom masih tetap butuh nutrisi lainnya, terutama folat, zat besi, iodium, kalsium dan omega-3. Semua nutrisi yang lengkap ini bisa didapat dari sayuran, buah-buahan, daging, telur kacang-kacangan dan makanan laut.

Selain itu, air kelapa pun hanya sedikit mengandung sodium. Jadi Mom masih butuh air mineral untuk menangkal dehidrasi dan membuat tubuh terasa lebih segar. Nah Jika ingin nutrisi tambahan, Mom bisa mengonsumsi suplemen tertentu. Tapi ingat, sebelum itu pastikan Mom berkonsultasi dengan dokter.

artikel terkait