Artikel Parenting

Melancarkan Sirkulasi Darah Kaki Saat Hamil

825
Melancarkan Sirkulasi Darah Kaki Saat Hamil

Moms, kehamilan merupakan anugerah terindah yang diberikan oleh Tuhan kepada wanita setelah berkeluarga. Namun, menjalani proses kehamilan bukan perkara mudah. Moms harus bersiap menghadapi berbagai perubahan yang terjadi pada tubuh terutama karena perubahan hormonal yang pasti terjadi selama masa kehamilan. Perubahan hormonal ini penting untuk mendukung perkembangan janin dalam rahim meskipun Moms akan merasakan beberapa keluhan termasuk kaki yang membengkak dan varises yang bisa terjadi pada ibu hamil. Kondisi ini tentu membuat ibu hamil merasa tidak nyaman selama hamil dan nantinya setelah melahirkan.

Pembengkakan pada kaki dan varises yang mungkin terjadi diakibatkan oleh peredaran darah yang mengalami perubahan pola selama masa kehamilan. Hal ini memang cukup wajar bagi ibu hamil mengingat ada janin yang membutuhkan asupan oksigen dan nutrisi yang disuplai oleh darah ibu melalui plasenta. Dengan kata lain, jika biasanya darah ibu hanya mengalir dalam tubuh ibu sendiri, selama hamil darah ibu akan mengalir dalam tubuh janin untuk menyuplai nutrisi dan oksigen sekaligus membawa karbondioksida dari tubuh bayi. Hal ini menyebabkan volume darah meningkat sehingga meningkatkan tekanan pada pembuluh darah khususnya di area kaki. Kondisi tidak nyaman ini tidak bisa dihindari oleh kebanyakan ibu hamil, tetapi paling tidak Moms bisa melakukan beberapa cara untuk memperlancar aliran darah pada kaki.

Moms bisa mencoba berbaring sembari meletakkan kaki di atas tepian sofa atau diganjal bantal agar posisinya lebih tinggi dari jantung. Posisi ini akan membantu Moms merasa lebih nyaman. Moms tidak boleh lupa melakukan olahraga ringan setiap hari misalnya dengan berjalan kaki, berenang agar pembuluh vena pada betis memompa darah ke jantung sehingga tekanan di pembuluh darah kaki berkurang. Moms harus lebih sering menggerakkan kaki dengan cara meluruskan dan memutar pergelangan kaki sebanyak sepuluh kali dengan pengulangan setiap sepuluh menit. Moms juga bisa mengenakan stoking khusus yang berguna untuk menyangga betis dan membantu pembuluh darah memompa darah kembali ke jantung.

artikel terkait