Artikel Parenting

Manfaat Latihan Yoga Untuk Ibu Hamil

26
Manfaat Latihan Yoga Untuk Ibu Hamil

Apakah sampai saat ini Moms masih rutin melaksanakan olahraga selama kehamilan? Tentunya sebagai wanita, Moms dituntut untuk selalu tampil cantik dan sehat, walapun Moms masih dalam masa kehamilan. Biasanya wanita hamil tidak diperbolehkan untuk beraktivitas berat, namun menjaga kebugaran tetap penting dan pastinya akan sangat bermanfaat untuk Moms sendiri dan juga janin dalam kandungan.

Di antara sekian banyak jenis olahraga yang biasa dilaksanakan oleh ibu hamil, salah satunya adalah latihan Yoga yang selama ini kita kenal sebagai metode relaksasi dan metode pelepas stress. Selain itu juga, Yoga ini sangat baik untuk kesehatan karena dapat memperlancar aliran darah dan membuat otot-otot dalam tubuh Moms menjadi lebih elastis, sehingga akan membantu Moms untuk mempermudah proses persalinan. Seperti yang dilansir dalam situs babble, Latihan yoga memiliki berbagai manfaat kesehatan untuk ibu hamil, diantaranya adalah:

Memperkuat Tubuh Moms, ternyata salah satu hal yang terbaik yang bisa Moms dapatkan dari latihan Yoga yaitu akan membuat Moms lebih kuat lagi. Selama masa kehamilan ini Moms pasti akan sangat membutuhkan kekuatan, terutama di bagian di tubuh bawah untuk menopang perut Moms yang bertambah besar sekaligus untuk menyesuaikan perubahan bentuk tubuh Moms agar bisa mengatur keseimbangan tubuh.

Mencegah Sakit Punggung Salah satu keluhan yang paling banyak dan biasa akan dialami oleh Ibu hamil adalah keluhan sakit punggung. Jika sakit punggung ini dibiarkan terus berlarut-larut, maka penyakit ini akan membuat Moms lebih menderita dan juga resiko kesehatan buruk untuk bayi dalam kandungan Moms lebih meningkat.

Nah, dengan Yoga kehamilan ini akan membuat otot-otot yang menangani berat badan Moms ini lebih kuat dalam mengambil tekanan dari punggung bagian bawah Moms. Banyak sekali wanita yang harus mengalami iritasi saraf siatik selama masa kehamilannya, untuk itulah latihan Yoga ini juga dapat mengatasi masalah tersebut.

Melatih Pernapasan Kita semua tahu jika latihan pernapasan akan dapat membantu selama kehamilan ini untuk menenangkan dan juga sebagai upaya untuk melepas stress, selain itu juga tenyata latihan pernafasan ini berguna untuk memaksimalkan aliran oksigen keseluruh tubuh. Kemampuan mengontrol pernapasan dapat membantu Moms untuk menghindari nyeri pada saat proses persalinan nanti.

artikel terkait