Artikel Parenting

Keju-Keju Ini Ternyata Berbahaya Bagi Ibu Hamil

57
Keju-Keju Ini Ternyata Berbahaya Bagi Ibu Hamil

Moms, selama masa kehamilan, banyak makanan yang harus Moms konsumsi untuk mendukung kehamilan anda. Selain itu, ternyata ada juga beberapa makanan yang sebenarnya bisa dikonsumsi dalam kondisi normal, tetapi ketika hamil, makanan ini harus dijauhi karena bisa membahayakan kehamilan anda.

Keju bisa berbahaya bagi Ibu hamil!

Pernah mendengar kabar yang menyatakan jika keju berbahaya untuk ibu hamil? Ya, memang benar, beberapa jenis keju memang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil, terutama keju lunak atau soft cheese, seperti blueveined, brie dan camembert. Tidak hanya itu, beberapa keju yang berasal dari susu kambing dan domba juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh Ibu Hamil.

Selain itu, sebaiknya Moms jangan minum susu yang tidak di pasteurisasi atau tidak diproses dengan menggunakan pengolahan UHT (Ultra-high temperatur). Hal tersebut karena, ditakutkan keju dan susu tersebut mengandung listeria yang bisa memicu terjadinya keguguran dan kematian janin dalam kandungan. Lebih lagi, kondisi ini akan bisa berisiko terhadap kesehatan Ibu hamil.

Selain itu, sebaiknya Ibu Hamil juga hindari mengonsumsi susu kambing. Memang benar susu kambing lebih mahal harganya, dan bahkan beberapa orang percaya jika susu kambing ini memiliki khasiat yang lebih baik ketimbang susu sapi biasa, akan tetapi dikhawatirkan susu kambing ini mengandung toksoplasmosis yang bisa membahayakan kesehatan bayi dalam kandungan.

Selain keju dan susu yang disebutkan di atas, sebaiknya Moms juga menghindari semua produk makanan berpotensi membawa bakteri listeria. Bakteri ini sendiri tergolong ganas bagi Ibu Hamil karena mampu menembus plasenta dan bisa menyebabkan infeksi janin, keguguran, kelahiran prematur hingga menyebabkan keracunan dalam darah.

Tapi walaupun begitu, masih banyak kok jenis keju yang tergolong aman buat dikonsumsi Ibu hamil, termasuk beberapa jenis keju seperti cottage cheese, cheddar, krim keju dan keju mozzarella. Dengan kata lain, ibu hamil masih boleh mengonsumsi pizza. Tapi ingat, jangan berlebihan, dan jangan ambil risiko. OK Moms!

artikel terkait