Artikel Parenting

Kebutuhan Nutrisi Ibu Menyusui

41
Kebutuhan Nutrisi Ibu Menyusui

Selain kalori, Moms yang menyusui juga membutuhkan nutrisi yang sangat tinggi. Nutrisi-nutrisi tersebut meliputi vitamin, zat besi, asam folat, protein, kalsium, dan lainnya. Tentunya kebutuhan nutrisi ini harus dipenuhi untuk menunjang produktivitas ASI yang merupakan penunjang utama tumbuh kembang si kecil.

Kebutuhan nutrisi untuk moms yang menyusui ini sendiri lebih didasarkan kepada kandungan nutrisi air susu serta jumlah nutrisi penghasil susu. Secara lengkap, berikut merupakan kebutuhan nutrisi untuk Moms menyusui.

Protein

Seorang ibu hamil membutuhkan tambahan 20 gram lebih tinggi ketimbang masa normal. Jumlah ini sendiri terpaut hanya 16 persen saja dari tambahan 500 kalori yang dianjurkan oleh wanita biasa. Protein ini sendiri bisa Dads dapatkan dari daging, ikan, susu dan lainnya.

Cairan

Kebutuhan cairan merupakan hal yang sangat krusial. Untuk Moms menyusui, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi, minimalnya 2 hingga 3 liter/hari. Kebutuhan akan cairan ini bisa Dads dapatkan dalam bentuk air putih, jus buah segar, susu dan lainnya.

Vitamin dan Mineral

Bagi Moms menyusui, kebutuhan tubuh akan vitamin dan mineral ini akan jauh lebih tinggi ketimbang kondisi normal. Hal ini dilakukan untuk menjaga tubuh Moms dan si kecil tetap sehat, mengembangkan fungsi organ tubuh si kecil, serta menunjang produktivitas ASI.

Pada dasarnya, semua kebutuhan nutrisi tersebut bisa dengan mudah dipenuhi, andai saja wanita menyusui semuanya sadar akan pentingnya ASI, serta Dads pun memberikan dukungan secara penuh, baik itu dalam bentuk dukungan psikis, atau dukungan secara finansial.

Selain itu, sangat disarankan untuk ibu hamil agar mengonsumsi beberapa makanan yang bisa menunjang produktivitas ASI, seperti Bayam, Daun singkong, Daun katuk, Daun pepaya dan lainnya. Selain itu, usahakan agar Moms menyusui banyak mengonsumsi susu murni atau susu khusus untuk ibu menyusui agar kebutuhan nutrisi ibu hamil terpenuhi secara penuh.

Nah Dads, bagaimana dengan Dads? Upaya apa saja sih yang selama ini Dads lakukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Moms ketika menyusui? Sharing yuk pengalaman Dads sebagai ayah siaga di kolom komentar di bawah ini?

artikel terkait