Artikel Parenting

Efek Negatif Bagi Ibu Hamil Jika Sering Mengonsumsi Junk Food

38
Efek Negatif Bagi Ibu Hamil Jika Sering Mengonsumsi Junk Food

Moms, mengonsumsi Junk Food memang sangat menyenangkan. Selain rasanya yang cukup nikmat, Moms pun tidak perlu repot-repot untuk membuatnya. Apalagi sekarang ini sudah ada layanan Delivery Order, tinggal angkat telepon, maka makanan siap diantar sampai depan pintu.

Tapi walaupun mudah dan rasanya enak, tapi kebiasaan mengonsumsi Junk Food ini bisa berbahaya Lho, apalagi kalau Moms sedang hamil. Tidak hanya Moms saja yang kena dampaknya, tetapi si kecil yang ada dalam kandungan pun bisa kena getahnya. Hayo.. memang mau!

Sebuah penelitian yang dilakukan di Australia, menemukan sebuah fakta yang cukup mengejutkan tentang kebiasaan Ibu Hamil mengonsumsi Junk Food. Dalam keterangannya, para Ilmuwan tersebut menyatakan jika efek samping Junk Food ini hampir sama dengan heroin, opium dan morfin, yakni bisa membuat seseorang kecanduan.

Lebih lanjut lagi, Ibu Hamil yang terbiasa mengonsumsi Junk Food, secara tidak langsung akan membuat perkembangan jalur sinyal pada otak janin tidak normal. Perubahan ini sendiri secara tidak langsung akan membuat bayi dalam kandungan akan kurang sensitif terhadap makanan yang tinggi lemak serta gula.

Dengan kata lain, nantinya anak Moms akan membangun toleransi terhadap gula dan lemak yang akhirnya dalam mengakibatkan mereka harus terus menerus mengonsumsi Junk Food hingga mereka benar-benar merasa puas. Ke depannya, tentu saja kondisi ini akan membuat anak berisiko besar terlahir dan besar dengan menderita obesitas.

Seperti yang dilansir dalam Daily Mail, Dr Beverly Muhlhausler, selaku juru bicara penelitian dari University of Adelaide, menyatakan jika Ibu Hamil yang terbiasa mengonsumsi Junk Food, secara tidak langsung akan mewariskan kebiasaan buruk ini kepada anaknya nanti. Lebih jauh lagi, kebiasaan ini akan membuat mereka terlahir dengan kondisi obesitas.

Untuk itu, Ibu Hamil sangat disarankan untuk menjaga pola makan yang baik selama menjalani kehamilan. Jauhi Junk Food, hindari rokok dan jauhi minuman beralkohol. Selain itu, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan-makanan sehat dan menyehatkan, seperti buah-buahan segar sayuran dan lainnya.

Bagaimana Moms, sudahkah Moms menjauhi Junk Food dan makanan-makanan berbahaya lainnya?

artikel terkait