Artikel Parenting

Daftar Sayur yang Bisa Menambah ASI

58
Daftar Sayur yang Bisa Menambah ASI

Walaupun bukan tanggung jawab Dads secara langsung, tapi sebagai seorang ayah, Dads harus berusaha semaksimal mungkin untuk membantu Moms dalam proses menyusui ini. Nah, berkaitan dengan hal ini, banyak wanita yang beralasan tidak mau memberikan ASI eksklusif karena air susunya tidak keluar atau produksi ASI mereka rendah.

Jelas ini sebuah kesalahan, karena secara alamiah, wanita akan memproduksi air susu ketika sedang memiliki anak. Bahkan produksi air susu ini sudah di mulai semenjak Moms hamil lho! Nah, kalau jumlah produksi ASI Moms ingin berlimpah, cobalah untuk mendorong Moms supaya mau mengonsumsi beberapa sayuran berikut ini.

Daun katuk

Sudah bukan rahasia lagi jika daun katuk merupakan sayuran utama ibu-ibu ketika produksi ASI terhambat. Bahkan resep daun ajaib ini sendiri sudah diturunkan sejak zaman dulu, dan hingga kini masih menjadi resep nenek moyang yang cukup populer. Daun katuk ini sendiri mengandung laktagagum yang dipercaya sangat baik untuk merangsang produksi ASI.

Bayam

Sayuran hijau ini memang harganya murah, tapi jangan remehkan khasiat yang dimilikinya. Tidak hanya mengandung zat besi yang melimpah, bayam juga mengandung banyak vitamin, mineral serta phytoestrogen yang diyakini akan mampu membantu Moms untuk meningkatkan produksi ASI.

Wortel

Hampir sama dengan bayam yang mengandung phytoestrogen, wortel pun dipercaya sebagai salah satu sayuran yang mujarab untuk meningkatkan produksi ASI ibu menyusui. Untuk hasil yang lebih maksimal, lebih baik Moms diminta untuk mengonsumsi wortel yang diolah dengan cara dikukus atau direbus. Hal ini dilakukan supaya kandungan gizi dalam wortel tetap terjaga maksimal.

Asparagus

Dalam asparagus terkandung banyak sekali vitamin, asam folat, dan mineral lainnya yang berfungsi untuk memaksimalkan produksi ASI. Tidak hanya itu, sayuran ini sendiri mengandung asam amino yang mendukung peningkatan jumlah pasokan ASI ibu menyusui.

Selain sayuran tersebut, masih banyak lagi makanan-makanan lainnya yang dipercaya dapat meningkatkan pasokan ASI bagi Moms. Nah Dads, biasanya makanan apa sih yang Dads anjurkan untuk dikonsumsi Moms ketika pasokan ASInya terhambat? Yuk bagi-bagi pengalaman di sini!

artikel terkait