Artikel Parenting

Dads Juga Perlu Tahu Cara Menstimulasi Keluarnya ASI Moms

39
Dads Juga Perlu Tahu Cara Menstimulasi Keluarnya ASI Moms

Dads, selama ini masih banyak Moms muda yang beranggapan jika ASI akan langsung keluar otomatis seperti air ketika waktu menyusui tiba. Padahal mekanismenya bukanlah seperti ini, bagaimanapun juga ASI akan keluar pada saat puting mendapatkan rangsangan dari mulut bayi.

Nah, rangsangan inilah yang akhirnya akan membuat hormon oksitosin si ibu meningkat dan payudara pun secara otomatis mengeluarkan ASI. Karena ketidaktahuan inilah akhirnya banyak ibu muda yang lebih memilih susu formula karena menganggap ASI mereka tidak keluar.

Untuk itu, Dads tidak boleh diam saja. Pada dasarnya, Dads pun wajib tahu bagaimana cara merangsang keluarnya ASI. Berikut merupakan cara sederhana untuk menstimulasi keluarnya ASI.

Tenang

Pastikan istri anda tenang dan jauhkan dari stres. Pikiran yang kalut bisa membuat ASI enggan keluar. Di sinilah peran Dads untuk bisa memberikan ketenangan dan kenyamanan kepada Moms. Ketenangan ini akan membantu Moms menstimulasi otak untuk menghasilkan oksitosin, secara otomatis kondisi ini akan merangsang keluarnya ASI.

Hypnobreastfeeding

Tidak perlu berguru kepada Romi Rafael untuk bisa melakukan teknik ini. Hypnobreastfeeding meurpakan teknik rangsangan untuk membuat Moms bisa mengeluarkan ASI dengan cara memberikan kalimat motivasi ke dalam pikiran alam bawah sadar. Kalimat mot ini beragam seperti “tidak mudah menjadi seorang ibu, dan ternyata moms adalah ibu yang hebat,” bisa disesuaikan dengan kemampuan Dads.

Minuman hangat

Beberapa minuman hangat seperti susu, dipercaya akan mampu menenangkan pikiran. Untuk itu, ketika Dads melihat Moms sedang galau, berikan dia kejutan dengan segelas susu hangat atau cokelat hangat, lengkap dengan senyum manis Dads. Jangan lupa hadiahkan juga kecupan hangat penuh cinta Dads untuk membuktikan jika Dads mendukungnya untuk memberikan ASI eksklusif.

Nah, sekarang Dads sudah tahu kan cara merangsang payudara supaya mengeluarkan ASI? Yuk mulai sekarang kita bantu supaya Moms sukses memberikan ASI eksklusif kepada anak tercinta.

artikel terkait