Artikel Parenting

Dads Juga Harus Tahu Sebab-Sebab ASI Kurang Lancar

70
Dads Juga Harus Tahu Sebab-Sebab ASI Kurang Lancar

Dads, masalah Moms yang sedang menyusui memang pelik, dari masalah hormon yang tidak seimbang, sampai masalah kekurangan nutrisi. Jika ini dibiarkan, tentu saja akibatnya bukan hanya kepada Moms saja, tetapi hal ini akan merembet kepada tumbuh kembang si kecil.

Supaya produksi ASI Moms lancar, Yuk kita lihat beberapa penyebab kenapa ASI Moms kurang lancar, atau bahkan tidak ada sama sekali.

Stres

Masalah stres memang bisa menimpa siapa saja. Akibatnya pun bisa fatal, terutama untuk Moms yang sedang menyusui. Berdasarkan keterangan para ahli, stres akan membuat produksi ASI ibu hamil berkurang, dan bahkan bisa tidak ada sama sekali.

Susu formula

Moms yang memberikan susu formula, biasanya tidak akan memberikan puting payudaranya untuk di hisap oleh si kecil. Lama kelamaan, tubuh si ibu akan menangkap sinyal jika ASI tidak digunakan, alhasil produksi ASI pun akan berkurang, bahkan tidak sama sekali.

Jadwal menyusui

Coba perhatikan lagi jadwal menyusui. Idealnya, si kecil harus menyusu setiap 2 hingga 3 jam sekali. Jika jadwal menyusui ini terlalu ketat, atau terlalu lambat, maka lama kelamaan produksi ASI akan terus berkurang. Kalau Moms sedang bekerja, usahakan untuk memerah susu sesuai jadwal menyusui si kecil.

Obat KB Hormonal

Kalau ingin memasang KB, usahakan menghindari KB hormonal, hal tersebut karena obat jenis ini akan menghambat suplai ASI. Kalau ingin menggunakan Obat KB, usahakan untuk mencari KB khusus menyusui. Memang harganya lebih mahal, tapi ini lebih baik daripada produksi ASI tidak lancar.

Rokok dan Alkohol

Moms yang sedang menyusui yang memiliki kebiasaan merokok atau menenggak minuman beralkohol, sebaiknya berhenti, karena selain berakibat fatal untuk diri sendiri, ternyata kebiasaan buruk ini pun bisa memicu penurunan jumlah produksi ASI. Tidak hanya itu, kebiasaan ini pun akan menyebabkan bayi sulit menambah berat badannya, dan berisiko mengalami gangguan pertumbuhan.

Dengan mengetahui beberapa penyebab produksi ASI menurun, diharapkan Dads dan Moms bisa lebih waspada lagi untuk mengonsumsi makanan-makanan tersebut. Makanya, yuk kita dorong Moms untuk selalu mengonsumsi makanan-makanan sehat!?

artikel terkait