Artikel Parenting

Apakah Hypnobirthing Itu dan Bagaimana Cara Persalinannya?

0
Apakah Hypnobirthing Itu dan Bagaimana Cara Persalinannya?

Artikel ini berisi tentang :

  1. Apa yang dimaksud hypnobirthing?
  2. Metode Teknik Hypnobirthing
  3. Apa yang dilakukan saat kontraksi datang?
  4. Faktor Pendukung Keberhasilan Hypnobirthing

Ada banyak metode persalinan yang belakangan ini cukup populer dan bisa Moms pilih, contohnya metode melahirkan di dalam air atau yang dikenal dengan metode water birth. Nah selain itu, ada juga metode hypnobirthing yang diklaim akan membuat persalinan lebih lancar.

Apa yang dimaksud hypnobirthing?

Pada dasarnya, hypnobirthing merupakan teknik pemberian sugesti positif pada ibu hamil saat akan persalinan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri dan menghilangkan rasa takut sebelum dan saat persalinan, sehingga Moms akan merasa lebih tenang.

Dengan cara ini, Moms diharapkan akan menjadikan proses persalinan sebagai pengalaman yang positif, bukan hal yang menakutkan. (oleh Lanny Kuswandi, pelopor Hypnobirthing di Indonesia, dan penulis buku Melahirkan Tanpa Rasa Sakit dengan Metode Relaksasi Hypnobirthing)

Menurut Lanny, ini merupakan faktor yang saling berkaitan. Dengan kepercayaan diri, dan perasaan yang tenang, proses persalinan akan berjalan lebih mudah. Selain itu, Moms pun bisa lebih fokus, dan mampu mengendalikan diri, sehingga seluruh instruksi persalinan bisa dilakukan dengan maksimal.

Secara otomatis, hal ini akan membuat durasi persalinan tidak akan terlalu lama, dan rasa sakit selama proses persalinan pun bisa diminimalisir, bahkan tidak terasa sakit sama sekali.

Metode Teknik Hypnobirthing

Fokus utama metode hypnobirthing sebenarnya berada pada penekanan pentingnya hormon oksitosin. Dengan menggunakan kalimat atau kata-kata positif, kadar oksitosin bisa dijaga, atau bahkan ditingkatkan, sehingga kadar adrenalin yang menciptakan ketegangan, akan berkurang.

Lanny menjelaskan jika hypnobirthing sebenarnya teknik lama yang dulu sering diajarkan dan dilakukan orangtua. Moms pasti ingat dulu orang tua sering membekali ibu hamil dengan gunting kecil, peniti dan bawang putih yang diselipkan ke pakaiannya.

Setiap kali akan berganti pakaian, benda tersebut harus diselipkan kembali sambil berkata, “saya dan jabang bayi akan sehat selamat,”. Menurut Lanny, sebenarnya itu merupakan salah satu teknik hypnosis atau hypnobirthing, dengan tujuan agar Moms yakin bisa melalui persalinan dengan selamat.

Dalam prakteknya, 1-2 jam sebelum proses persalinan, terapis akan datang dan mendampingi Moms (biasanya dilakukan oleh bidan), kemudian membisikkan kata-kata positif, sambil meminta Moms untuk konsentrasi dan mengatur nafas untuk mencapai titik nyaman dan tenang. 

Apa yang dilakukan saat kontraksi datang?

Saat kontraksi datang, Moms harus tetap tenang dan fokus. Jangan lupa untuk terus mengatur pernapasan sambil mendengarkan instruksi dari bidan atau dokter yang mendampingi selama proses persalinan. Tetap yakin jika Moms akan sanggup melalui proses persalinan dengan baik.

Dalam hypnobirthing, Moms bisa juga melakukan teknik candle method. Cara ini dilakukan ketika kontraksi datang, Moms bisa langsung menarik nafas panjang lewat mulut, kemudian buang sedikit demi sedikit seperti saat meniup lilin, sambil memberi sedikit tekanan agar Si Kecil bisa cepat terlahir.

Bayangkan dan yakinkan jika rasa nyeri tersebut akan berkurang dalam setiap hembusan nafas yang Moms hembuskan. Ingat, jangan pernah memikirkan kegagalan, apalagi membayangkan Moms akan melahirkan dengan bantuan operasi caesar.

Faktor Pendukung Keberhasilan Hypnobirthing

Meskipun berfokus kepada kekuatan sugesti positif, teknik hypnobirthing akan berjalan maksimal jika Moms mendapatkan beberapa faktor pendukung berikut ini :

  1. Pasangan yang tetap tenang selama mendampingi Moms saat proses persalinan. Diusahakan pasangan pun harus memberikan dukungan dan sugesti positif, jika Moms mampu melalui persalinan dengan baik.
  2. Adanya dukungan dari keluarga, baik orang tua, mertua, dan lainnya. Sama seperti pasangan, mereka pun harus memberikan dukungan dan sugesti positif. Biasanya ini dilakukan sesaat sebelum Moms masuk ruang persalinan.
  3. Moms memilih dokter atau bidan yang sudah terpercaya mampu membantu menangani persalinan dengan baik. Makanya, sangat penting bagi Moms untuk memilih dokter atau bidan sendiri, sesuai dengan keyakinan dan kepercayaan sendiri.
  4. Moms harus yakin jika proses persalinan tidak menyakitkan. Makanya, sangat disarankan untuk tidak percaya, dan jangan mendengarkan kata-kata orang yang menyebut persalinan itu sangat menyakitkan dan merupakan proses yang sangat menakutkan.

Selain itu, Moms pun bisa mengikuti program hypnobirthing yang didampingi para ahli. Biasanya, program hypnobirthing ini bisa dimulai sejak usia kehamilan mencapai 28 Minggu. (oleh Caron Newton, praktisi hypnobirthing dari The Hypnobirthing Midwife, Inggris)

artikel terkait