Artikel Parenting

Eksperimen Sains Ini Bisa Dads dan Si Kecil Praktekkan di Rumah!

0
Eksperimen Sains Ini Bisa Dads dan Si Kecil Praktekkan di Rumah!

Artikel ini berisi tentang :

  1. Balon Mengembang Tanpa Ditiup
  2. Mengenal Warna Primer dan Warna Sekunder
  3. Telur yang Bisa Tenggelam dan Mengambang di Air
  4. Balon Tahan Api

Banyak penelitian yang membuktikan jika aktivitas bersama yang dilakukan Dads dan Si Kecil memberikan dampak besar pada tumbuh kembang Si Kecil, salah satunya mampu membuat Si Kecil lebih percaya diri, kebal bullying, dan berhasil dalam bidang akademis.

Nah jika Dads ingin Si Kecil berjaya di bidang Sain, eksperimen berikut ini bisa Dads praktekan di rumah bersama Si Kecil.

Balon Mengembang Tanpa Ditiup

Semua anak suka balon dan ide melakukan percobaan sains dengan memakai balon ini pasti disukai oleh Si Kecil. Dari percobaan ini Dads bisa menunjukkan pada Si Kecil tentang adanya benda-benda yang berisi gas di sekitar kita.

Untuk percobaan ini, bahan yang perlu Dads siapkan adalah:

  • Minuman bersoda
  • Balon
  • Permen mint

Langkah percobaannya sebagai berikut:

  1. Pertama masukkan permen mint ke dalam minuman bersoda
  2. Tutup botol minuman tersebut dengan balon, kemudian dikocok perlahan sebentar saja dan jangan sampai membludak sodanya.
  3. Biarkan sesaat, maka balon tersebut akan mengembang sendiri tanpa harus ditiup.

Mengenal Warna Primer dan Warna Sekunder

Melalui percobaan ini, Dads bisa mengenalkan pada Si Kecil  warna-warna primer (merah, kuning, biru) dan warna sekunder (paduan antar warna-warna primer). Contohnya kalau warna merah dicampur dengan warna kuning, maka akan menghasilkan warna jingga atau oranye.

Alat dan bahan yang perlu Dads siapkan adalah:

  • 3 Gelas bening
  • Air
  • Pewarna makanan merah, kuning, dan biru

Langkah percobaannya sebagai berikut:

  1. Isi 3 gelas bening dengan air bening
  2. Teteskan pewarna kuning ke dalam gelas pertama, warna biru ke dalam gelas kedua dan warna merah ke dalam gelas ketiga.
  3. Minta Si Kecil untuk mengamati perubahan apa yang terjadi pada air dalam gelas tersebut.
  4. Setelahnya bagi cairan berwarna merah, kuning dan biru tersebut menjadi 3 ke dalam gelas kosong yang berbeda-beda.
  5. Campurkan cairan kuning dengan biru.
  6. Campurkan cairan merah dengan biru.
  7. Campurkan cairan merah dengan kuning.
  8. Terakhir, ajak Si Kecil untuk mengungkapkan apa yang terjadi pada air dalam gelas yang sudah dicampur warnanya tersebut.

Telur yang Bisa Tenggelam dan Mengambang di Air

Dengan percobaan ini Dads bisa menjelaskan, misalnya kenapa kapal di laut bisa tetap mengambang di atas air, padahal beratnya bisa mencapai ribuan ton.

Untuk percobaan ini, hal yang perlu Dads siapkan adalah:

  • Telur
  • Gelas
  • Garam dapur

Caranya:

  1. Tuangkan air ke dalam gelas, kemudian masukkan telur ke dalam gelas tersebut. Maka akan terlihat telur tersebut akan tenggelam sepenuhnya.
  2. Selanjutnya keluarkan telur dari gelas, lalu masukkan beberapa sendok garam lalu diaduk. Masukkan kembali telur dan perhatikan bahwa telur sekarang akan mengambang.
  3. Lanjutkan dengan memasukkan lebih banyak garam ke dalam gelas, maka akan tampak bahwa telur akan lebih mengambang lagi ke atas.

Balon Tahan Api

Percobaan ini bisa membuat Dads menunjukkan pada Si Kecil tentang sifat air sebagai menyerap panas. Untuk percobaan ini, bahan yang perlu Dads siapkan adalah:

  • Balon
  • Lilin
  • Air

Langkah percobaannya sebagai berikut:

  1. Pertama, Dads menyalakan lilin, kemudian ajak Si kecil untuk meniup 2 balon.
  2. Lalu Dads meletakkan balon di atas api lilin, tidak lama balon tersebut akan meletus. Lakukan dengan sangat hati-hati ya Dads dan pastikan Si Kecil dalam jarak yang aman karena balon yang meletus bisa membuat kaget atau terluka.
  3. Kemudian ambil balon kedua lalu ajak Si Kecil untuk mengisi setengan bagiannya dengan air. Setelah itu, tiup balon dan letakkan bagian yang ada airnya di atas api lilin. Kali ini balon tersebut tidak akan meletus.
  4. Jelaskan pada Si Kecil, balon yang diisi air ini tidak akan meletus karena panas yang berasal dari api akan diserap oleh air sehingga permukaan karet balon tidak akan menjadi terlalu panas, sehingga balonnya tidak akan sampai pecah atau meletus.

Bagaimana Dads, sangat mudah dan menyenangkan bukan?

artikel terkait