Artikel Parenting

Dads, Ini Tips Aman Berkendara Dengan Mobil Bersama Si Kecil!

0
Dads, Ini Tips Aman Berkendara Dengan Mobil Bersama Si Kecil!

Artikel ini berisi tentang :

  1. Perlakukan Si Kecil Sebagai Penumpang VIP
  2. Pastikan Si Kecil Tetap Memakai Sabuk Pengaman
  3. Sediakan Makanan dan Mainan
  4. Ajak Orang Dewasa Untuk Menemani Si Kecil

Saat berangkat kerja, mungkin Dads akan berkendara bersama Si Kecil untuk mengantarkannya ke sekolah, dan ini akan terjadi saat menjemput Si Kecil dan mengantarkannya pulang ke rumah. Nah agar tetap aman dan nyaman selama perjalanan, dibutuhkan trik khusus berkendara aman bersama Si Kecil.

Berikut merupakan tips aman berkendara dengan mobil bersama Si Kecil, agar selama perjalanan Dads dan Si Kecil aman dan nyaman

Perlakukan Si Kecil Sebagai Penumpang VIP

Demi keamanan dan keselamatan Si Kecil, National Highway Traffic Safety Administration (HTSA) menyarankan agar anak dibawah usia 13 tahun tetap berada di bagian tengah mobil, tidak disamping sopir atau berada di paling belakang kursi penumpang.

Selain itu, Si Kecil pun harus diperlakukan seperti Dads sedang membawa penumpang VIP, yakni berkendara di bawah kecepatan 60 kpj, tidak melakukan pengereman mendadak (kecuali jika terpaksa), dan harus menurunkan kecepatan saat akan berbelok.

Jika Si Kecil protes tetap ingin duduk di samping kursi kemudi, cobalah beri pengertian tentang aturan lalu-lintas. Katakan juga jika Si Kecil merupakan penumpang istimewa yang harus menempati kursi khusus di belakang, sama seperti penumpang VIP lainnya.

Pastikan Si Kecil Tetap Memakai Sabuk Pengaman

Meskipun duduk di belakang, pastikan Si Kecil tetap memakai sabuk pengaman. Cobalah untuk menggunakan sabuk pengaman khusus anak-anak, atau sabuk pengaman yang bisa disesuaikan dengan tinggi badan Si Kecil. Sekarang sudah banyak kok sabuk pengaman jenis ini.

Jika Si Kecil masih balita, pastikan Dads menempatkannya di dalam car seat dan hadapkan car seat tersebut ke arah depan. Hal ini berbeda dengan car seat bayi yang sebaiknya ditempatkan menghadap ke arah belakang agar Si Kecil lebih fokus tidur, tidak terganggu dengan pemandangan dari depan.

Dalam memilih car seat, sebaiknya sebaiknya pilih car seat yang memiliki 5 poin harness, yakni memiliki pelindung di bagian bahu kanan dan kiri, dua pengaman berada di pinggang kanan dan kiri, serta bagian di antara kaki atau buckle. (oleh Dewi Nopiyanti, Executive trainer Mothercare)

Selain itu, perhatikan juga fitur umum dari car seat tersebut, seperti side impact protector. Car seat pun sebaiknya tidak dipasang di dekat jok memiliki air bag. Hal ini untuk mencegah Si Kecil terhempas oleh air bag yang berakibat fatal baginya.

Sediakan Makanan dan Mainan

Jika Dads tidak membawa serta orang dewasa dalam perjalanan, sebaiknya siapkan makanan dan minuman favorit Si Kecil. Dengan menyantap makanan dan minuman, perhatian Si Kecil akan teralihkan dan kecil kemungkinan Si Kecil akan berulah selama perjalanan.

Trik lainnya, Dads bisa membawa mainan favorit Si Kecil. Hal ini dilakukan agar Si Kecil tidak merasa bosan selama perjalanan. Tapi ingat, pastikan mainan yang dibawa ukurannya tidak terlalu besar, dan tidak juga terlalu kecil (mudah tertelan).

Selain itu, usahakan mainan tersebut mudah dimainkan sambil duduk. Membawa konsol video games mungkin bisa jadi pilihan terbaik. Tapi ingat, agar tidak menimbulkan dampak buruk, permainan ini hanya boleh dimainkan Si Kecil selama berada di dalam mobil.

Trik lainnya, selama perjalanan cobalah untuk membatasi berinteraksi dengan Si Kecil. Dengan cara ini, selain lebih aman saat mengemudi, trik ini pun diharapkan agar Si Kecil mengantuk dan tertidur selama perjalanan.

Ajak Orang Dewasa Untuk Menemani Si Kecil

Ajak orang dewasa yang sudah dikenal Si Kecil untuk menemani selama perjalanan. Ini bisa Moms, pengasuhnya, atau siapapun yang dikenal Si Kecil. Usahakan orang tersebut supel dan mampu membuat suasana perjalanan lebih menyenangkan.

Selama perjalanan, Dads bisa meminta orang tersebut untuk mengajak Si Kecil melakukan aktivitas yang menyenangkan, bisa bernyanyi bersama, membacakan cerita, atau melakukan hal-hal lainnya yang menyenangkan. Dengan cara ini, perjalanan akan terasa lebih cair, dan Dads bisa tetap fokus pada jalan. Bonusnya, Si Kecil tidak akan rewel dan perjalanan menjadi terasa lebih nyaman. 

Itulah beberapa tips aman berkendara dengan mobil bersama Si Kecil saat bepergian, selamat mencoba Dads!

 

artikel terkait