Artikel Parenting

Begini Cara Main dengan Si Kecil yang Masih Berusia 0-3 Bulan, Dads!

0
Begini Cara Main dengan Si Kecil yang Masih Berusia 0-3 Bulan, Dads!

Artikel ini berisi tentang:

  1. Peran Penting Dads Dalam Tumbuh Kembang Si Kecil
  2. Si Kecil akan Merasa Istimewa
  3. Perkembangan Si Kecil di Usia 3 Bulan
  4. Cara Bermain dengan Si Kecil yang Berusia 0-3 Bulan

Dads, bermain dengan Si Kecil merupakan salah satu sarana terbaik untuk menunjang tumbuh kembangnya. Aktivitas bermain ini sudah bisa dilakukan sejak mereka masih berusia 0-3 bulan. Pasalnya, sesimpel apapun aktivitas bermain Dads dan Si Kecil, cukup baik untuk meningkatkan tumbuh kembangnya.

Peran Penting Dads Dalam Tumbuh Kembang Si Kecil

Ada beberapa tahap tumbuh kembang Si Kecil, dari mulai motorik halus, motorik kasar, perkembangan kognitif (proses berpikir), perkembangan sosial dan perkembangan bicara. (oleh dr. Attila Dewanti, SpA (K) dari Brawijaya Women & Children Hospital, Jakarta)

Untuk memaksimalkan perkembangan tersebut, tentu saja Dads harus ikut memberikan stimulasi, salah satunya dengan rutin mengajak Si Kecil bermain. Ada banyak manfaatnya, diantaranya :

  1. Si Kecil akan merasa lebih terlindungi, sehingga mereka lebih nyaman saat melakukan eksplorasi.
  2. Gaya bermain Dads yang lebih bebas, memungkinkan Si Kecil untuk lebih bebas dalam mengembangkan kreativitasnya.
  3. Penelitian yang dilakukan tim peneliti dari Uppsala University, membuktikan jika Dads yang ikut aktif dalam pengasuhan, akan membuat Si Kecil lebih percaya diri.

Selain itu, Si Kecil yang mendapat pengasuhan langsung dari Dads, akan tumbuh jadi anak yang lebih baik dalam hal bersosialisasi, lebih mandiri dan lebih cerdas. (oleh Ross D. Parke, peneliti dan pakar tumbuh kembang khusus bidang sosial dari University of California, Amerika)

Si Kecil akan Merasa Istimewa

Di usianya yang masih sangat belia, Si Kecil mungkin tidak akan mengingat moment spesial saat Dads mengajaknya bermain. Tapi jika ini terus dilakukan secara konsisten, mengajak Si Kecil bermain akan membuatnya merasa sangat spesial.

Apalagi jika ada bukti video, atau foto saat Dads mengajak Si Kecil bermain. Bukti ini akan menguatkan klaim Si Kecil sebagai anak yang istimewa di mata orangtuanya. (oleh Dr Amanda Gummer, pakar tumbuh kembang anak dan penulis buku Play: Fun Ways To Help Your Child Develop In The First Five Years)

Menurut Amanda, mengajak Si Kecil bermain memrupakan salah satu bentuk family time yang berkualitas, dan tidak hanya memiliki manfaat bagi Si Kecil, tapi juga memberi banyak manfaat untuk Dads. Yang paling dekat, kebiasaan ini akan membuat Dads bebas stres.

Selain itu, moment ini pun mampu menciptakan pengalaman dan kenangan, sekaigus mengajarkan Si Kecil tentang rasa cinta dan saling memiliki diantara anggota keluarga.

Perkembangan Si Kecil di Usia 3 Bulan

Di usia 3 bulan, Si Kecil sebenarnya sudah cukup asyik diajak bermain. Dia sudah bisa mengenali suara orang-orang terdekatnya, mulai menggenggam mainan, mulai aktif bersuara, atau bahkan tertawa lepas, dan sudah tahu bagaimana caranya bermain.

Yang paling menarik, di usia ini Si Kecil sudah mampu menyangga kepalanya, dan terkadang dia pun sudah mulai aktif berguling ke kanan dan ke kiri. Kemampuan inilah yang membuat Dads bisa lebih leluasa, dan lebih bebas mengajak Si Kecil bermain.

Meskipun begitu, dilansir dalam Baby Center, sebelum mengajak main Si Kecil, hal pertama yang harus diperhatikan adalah, pastikan Dads menciptakan rasa nyaman bagi Si Kecil. Caranya bisa dengan memeluk, mencium keningnya, atau langsung berinteraksi dengannya.

Cara Bermain dengan Si Kecil yang Berusia 0-3 Bulan

Ada banyak hal yang bisa Dads lakukan bersama Si Kecil. Berikut merupakan beberapa cara agar aktivitas Dads dan Si Kecil bisa memberikan dampak yang positif bagi tumbuh kembangnya.

  1. Ajak Si Kecil berjalan berkeliling dengan cara digendong mengitari kamar atau ruangan. Dads bisa berjalan dengan kecepatan yang berbeda, seperti cepat, melambat, dan setengah berlari.
  2. Ajak Si Kecil berjalan-jalan di taman untuk menghirup udara segar dan melihat pemandangan hijau. Agar makin meriah, Dads bisa mengajaknya jalan-jalan sambil bernyanyi.
  3. Baringkan Si Kecil, dan raih tangannya hingga kini posisi Dads dan Si Kecil saling berpegangan. Gulingkan Si Kecil ke semping kiri, dan tahan di posisi tersebut, lakukan untuk posisi sebaliknya.
  4. Gantungkan bola wiffle, atau bola-bola bulu dengan tali, kemudian dekatkan dengan Si Kecil. biarkan dia meraihnya, sesekali Dads bisa menggodanya dengan menjauhkan mainan tersebut.
  5. Dads bisa memilih benda dengan tekstur lembut, seperti wol, beludru dan lainnya. Tepuk atau sentuhkan benda tersebut di bagian tubuh Si Kecil dan lihat reaksinya.

Selain itu, tentu masih banyak permainan lainnya yang bisa Dads lakukan bersama Si Kecil, dari mulai pok ame ame, menggelitik, membacakan cerita dan lainnya. Selamat mencoba!

 

artikel terkait